Tanggal 25 Januari Hari Memperingati Apa?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Tanggal 25 Januari 2023 jatuh pada hari Rabu. Pada hari ini, terdapat peringatan Hari Gizi Nasional.

Selain itu, ada juga peringatan lain hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 25 Januari 2023.

Hari Gizi Nasional

Hari Gizi Nasional (HGN) diperingati setiap tahun pada tanggal 25 Januari.

Hari ini dibuat untuk memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR).

Sekolah tersebut berdiri pada 25 Januari 1951. Sejak saat itu, pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia.

Tanggal berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Gizi Nasional dan pertama kali diperingati oleh LMR pada tahun 1960-an.

Peringatan ini menjadi momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun bangsa yang sehat melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan.

Vasant Panchami di India

Vasant Panchami dirayakan di India pada hari kelima Magh menurut kalender India. Tahun ini, perayaan tersebut jatuh pada tanggal 25 Januari.

Vasant berarti ‘musim semi’ dan Panchami berarti ‘kelima’ dalam bahasa Hindi. Festival ini juga dikenal sebagai Sarasvati Puja dan menandai awal musim semi.

Perayaan Vasant Panchami berputar pada Dewi Sarasvati, dewi pengetahuan dan kecerdasan dalam agama Hindu.

Orang India yang tinggal di India dan di seluruh dunia merayakan hari ini dengan cara yang berbeda-beda.

Di wilayah Punjab misalnya. Pada hari ini, orang-orang akan mengenakan pakaian kuning cerah dan memasak makanan berwarna-warni, seperti biryani dan ladoos untuk menandai awal musim semi.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tanggal #Januari #Hari #Memperingati #Apa

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts