China Berambisi “Hijaukan” Industrinya Lewat Rencana 5 Tahun

  • Whatsapp

BEIJING, KOMPAS.com – Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China meluncurkan rencana lima tahun terbarunya yang ditujukan untuk “pengembangan hijau” di sektor industrinya.

Read More

Rencana tersebut merupakan salah satu upaya China untuk memenuhi janjinya dalam menurunkan emisi karbon dan polutan.

Selain itu, rencana tersebut juga bakal mempromosikan industrinya yang sedang berkembang sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (3/12/2021).

Reuters melaporkan, “Negeri Panda” adalah penghasil gas rumah kaca terbesar di dunia. Dan Beijing berjanji untuk bertujuan mencapai netral karbon pada 2060.

Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China juga menegaskan kembali target pengurangan emisi karbon dioksida sebesar 18 persen pada 2025.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kementerian tersebut juga mengatakan akan secara ketat mengontrol kapasitas di sektor baja, semen, aluminium, dan lainnya.

Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China menambahkan, konsumsi energi bersih juga akan ditingkatkan.

Akan didorong juga penggunaan energi alternatif seperti energi hidrogen, biofuel, dan bahan bakar yang berasal dari sampah untuk industri baja, semen, kimia dan lainnya.

Selain itu, sumber daya mineral di dalam negeri seperti bijih besi juga akan dieksploitasi secara “rasional”.

Sebelumnya, Presiden China Xi Jinping pada Oktober juga menegaskan negaranya tak mau lagi membangun proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara baru di luar negeri.

Meski tidak memberikan rincian lebih lanjut, pernyataan tersebut dapat secara signifikan membatasi investasi PLTU batu bara “Negeri Panda” di negara berkembang.

Janji tersebut dianggap menegaskan China dalam memerangi perubahan iklim sebagaimana dilansir Reuters.

Kala itu, dia juga mengulangi janjinya bahwa China akan mencapai “netral karbon” sebelum 2060.

Sebelumnya, Beijing memang di bawah tekanan diplomatik untuk mengakhiri pembiayaan proyek PLTU batu bara di luar negeri.

Pasalnya, investasi China dalam PLTU batu bara di luar negeri bakal semakin membuat dunia semakin kesulitan mencapai Kesepakatan Paris untuk mengurangi emisi karbon global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#China #Berambisi #Hijaukan #Industrinya #Lewat #Rencana #Tahun #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts