4 Juta Orang Bakal “Banjiri” Jateng Saat Nataru, Menhub Minta Pengetatan Prokes

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya di Jawa Tengah (Jateng) memastikan pengetatan protokol kesehatan (prokes) dijalankan dengan baik selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Read More

Hal itu diungkapkannya dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Penanganan Libur Natal dan Tahun Baru 2021/2022 dengan pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan para pemangku kepentingan terkait pada Kamis (16/12/2021).

Jateng jadi tujuan favorit masyarakat saat libur Nataru

Budi Karya mengatakan, Jateng merupakan daerah yang diprediksi menjadi tujuan favorit masyarakat yang akan melakukan perjalanan di masa libur Nataru.

Setidaknya diperkirakan hampir 4 juta orang akan menuju Jateng saat libur pergantian tahun.

“Untuk itu kita harus bisa mengelola pergerakan ini dengan baik,” ujarnya seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (17/12/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Imbauan soal perjalanan jarak jauh

Ia mengingatkan jajaran pemerintah daerah Jateng beserta pemangku kepentingan terkait untuk memastikan para pelaku perjalanan telah memenuhi ketentuan protokol kesehatan protokol kesehatan yang berlaku di masa libur Nataru.

Adapun pengetatan prokes yang diatur adalah masyarakat yang berpergian jarak jauh (untuk orang dewasa) wajib sudah vaksin dua kali dan menunjukkan hasil negatif tes antigen 1×24 jam.

Imbauan soal kendaraan logistik

Budi Karya juga memberikan imbauan kepada pengelola kendaraan logistik, untuk melakukan aktivitas muatan logistik sebelum tanggal 20 Desember 2021.

“Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan maupun lonjakan yang tinggi pada saat masa libur Nataru,” kata dia.

Berdasarkan data Polda Jawa Tengah, di wilayah tersebut akan mengalami puncak arus mudik libur Nataru 2021/2022 diperkirakan pada tanggal 24 Desember 2021, sementara perkiraan puncak arus balik jatuh pada tanggal 2 Januari 2022.

Adapun sejumlah upaya yang dilakukan dalam rangka pengendalian transportasi di masa libur Nataru, yakni melakukan ramp check pada kelaikan armada transportasi, dan pengecekan kesehatan para awak transportasi.

Selain itu, membentuk posko bersama untuk melakukan monitoring dan evaluasi secara komprehensif; serta menyampaikan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Juta #Orang #Bakal #Banjiri #Jateng #Saat #Nataru #Menhub #Minta #Pengetatan #Prokes #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts