Putin: 2.000 Anggota ISIS Berkumpul di Afghanistan Utara, Akan Menyamar Jadi Pengungsi

  • Whatsapp

MOSKWA, KOMPAS.com – Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat (15/10/2021) mengatakan, ratusan anggota loyal ISIS berkumpul di Afghanistan utara.

Read More

Mereka berencana bergerak di antara negara-negara bekas Soviet di Asia Tengah dengan menyamar sebagai pengungsi.

“Menurut intelijen kami, jumlah anggota (ISIS) di Afghanistan utara saja adalah sekitar 2.000 orang,” kata Putin dalam pertemuan konferensi video dengan para pemimpin negara-negara bekas Soviet lainnya, dikutip dari AFP.

Putin awal pekan ini memperingatkan ancaman milisi veteran dari Irak dan Suriah yang berhubungan ISIS akan menyeberang ke Afghanistan.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, pihaknya mengharapkan Taliban, yang baru-baru ini menguasai Afghanistan, menangani ancaman itu.

Pada Jumat dia mengatakan, para pemimpin ISIS di Afghanistan sedang berusaha memproyeksikan pengaruh kelompok itu di negara-negara bekas Soviet di Asia Tengah untuk membangkitkan perselisihan agama dan etnis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Teroris berusaha menyusup ke wilayah Persemakmuran, termasuk dengan kedok pengungsi,” kata Putin, merujuk pada sekelompok negara bekas Soviet yang beberapa di antaranya berbatasan dengan Afghanistan.

Taliban, yang menguasai Kabul dari pemerintah pro-Barat pada pertengahan Agustus, sedang mencari pengakuan internasional serta bantuan untuk menghindari bencana kemanusiaan.

Utusan khusus Putin untuk Afghanistan, Zamir Kabulov, mengatakan kepada kantor berita Rusia Interfax pada Jumat, bahwa perwakilan Taliban akan menghadiri konferensi internasional di Moskwa minggu depan bersama utusan regional Iran, China dan Pakistan.

Putin juga mengatakan, tidak perlu terburu-buru dengan pengakuan resmi Taliban, tetapi berujar bahwa perlu berinteraksi dengan mereka.

Pada 1980-an, Rusia terlibat dalam perang selama 10 tahun yang di Afghanistan yang menewaskan hingga dua juta warga, memaksa lebih dari tujuh juta orang mengungsi, dan menyebabkan kematian lebih dari 14.000 tentara Soviet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Putin #Anggota #ISIS #Berkumpul #Afghanistan #Utara #Akan #Menyamar #Jadi #Pengungsi

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts