Tragedi Munich 1958, Catatan Pilu dalam Sejarah Manchester United

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Riwayat perjalanan klub sepak bola asal Inggris, Manchester United, diwarnai catatan memilukan yang mengakibatkan gugurnya pemain dan staf klub pada 6 Februari 1958.

Read More

Sebanyak 23 orang meninggal dunia, termasuk 11 orang pemain dan staf Manchester United akibat kecelakaan pesawat yang membawa mereka dari Beograd, Yugoslavia menuju Manchester, Inggris.

Mereka termasuk dalam rombongan berjumlah 44 orang yang menaiki pesawat sewaan untuk membawa skuad Manchester United kembali dari pertandingan Piala Champions Eropa melawan Red Star.

Kejadian nahas tersebut mengambil tempat di landasan pacu bandara Munich-Riem, Muenchen, Jerman sebagai lokasi perhentian pesawat untuk mengisi bahan bakar.

Jenis pesawat dalam kejadian tersebut adalah Airspeed AS-57 Ambassador, milik maskapai British European Airways yang diawaki pilot James Thain dan kopilot Kenneth Rayment.

Pesawat tersebut gagal melakukan lepas landas (take off) pada percobaan ketiga dari landasan pacu bandara Munich, sehingga tergelincir dan menabrak pagar pembatas kawasan bandar udara tersebut.

Berdasarkan investigasi, penyebab utama dari gagalnya upaya lepas landas pesawat nahas tersebut adalah tidak tercapainya kecepatan minimal terbang serta genangan lelehan salju pada permukaan landasan pacu.

Insiden fatal tersebut mengakibatkan delapan orang pemain serta tiga staf klub Manchester United, sementara sembilan pemain lain dan pelatih Matt Busby selamat.

Seperti dilansir dari laman Manchester United, delapan pemain yang menjadi korban jiwa adalah Geoff Bent, Roger Byrne, Eddie Colman, Mark Jones, David Pegg, Tommy Taylor, Billy Whelan, dan Duncan Edwards.

Mereka adalah bagian dari skuad asuhan Matt Busby, atau disebut sebagai The Busby Babes, yang meraih gelar divisi teratas Liga Inggris pada 1955-1956 dan 1956-1957.

Pemain yang selamat dari tragedi Munich, bahkan kemudian terlibat dalam raihan juara liga pada 1964-1965 serta 1966-67, maupun titel pemenang Piala FA 1962-1963.

dailytelegraph Pesawat jatuh saat Tragedi Munich

Raihan prestasi Matt Busby yang paling dikenang adalah membawa Manchester United menjuarai Piala Champions Eropa pada 1967-1968, dengan mengalahkan wakil Portugal, Benfica.

Kejadian nahas tragedi Munich sendiri diperingati setiap tahun pada tanggal 6 Februari, oleh pihak klub Manchester United dan banyak penggemar di seluruh dunia.

Plakat untuk mengenang para korban tragedi Munich bisa ditemukan dalam area Stadion Old Trafford, tepatnya di bagian tribun East Stand.

Bangunan berupa monumen untuk mengenang tragedi Munich juga didirikan di Muenchen, Jerman bernama Manchesterplatz sejauh hampir 4,5 kilometer dari bekas lokasi bandara Munich-Riem.

#Tragedi #Munich #Catatan #Pilu #dalam #Sejarah #Manchester #United #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts