Viral Cacing di Masker Impor dari China, Ini Fakta di Baliknya

  • Whatsapp

Jakarta

Read More

Di media sosial viral unggahan tentang adanya cacing atau ulat berbahaya pada masker yang diimpor dari China. Sebagai contoh di Tiktok beredar video yang menunjukkan bagaimana ‘cacing’ ini bisa dilihat dengan cara menempatkan masker di atas uap air panas.

Cina telah menyebar penyakit lwt masker baru yg masuk ke Indonesia. Terlihat dlm pemeriksaan tim dokter dari Turki. Dlm penelitian Ada ribuan kuman cacing2 kecil,” tulis satu pengguna Facebook.

Benarkah hal tersebut?

Satgas Penanganan COVID-19 dalan situs resminya menyebut informasi ada ulat atau cacing pada masker adalah hoax alias bohong. Apa yang tampak seperti cacing sebetulnya serat dari masker.

Youtuber Microbehunter menjelaskan serat pada masker ini secara sekilas memang tampak seperti ulat karena bisa bergerak-gerak. Namun, hal ini normal terjadi karena pengaruh uap air atau kelembapan yang ada pada napas.

“Serat-serat ini bisa bergerak seolah-olah hidup, tapi sebenarnya bukan mahluk hidup karena ada hukum fisika di balik gerakannya,” kata Microbehunter seperti dikutip pada Sabtu (10/4/2021).


#Viral #Cacing #Masker #Impor #dari #China #Ini #Fakta #Baliknya

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts