[Tokoh Biografi Dunia] Ruth Handler, Pencipta Boneka Barbie yang Terinspirasi dari Putrinya

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Boneka ikonik Barbie muncul pada 1959 dan dikenalkan kepada dunia melalui American Toy Fair di New York City.

Read More

banner 300250

Setelah itu, dalam jangka waktu sekian tahun, Barbie telah mendulang kepopuleran secara luas hampir di seluruh dunia.

Ruth Handler dari Amerika adalah tokoh penciptanya. Ia adalah salah satu pendiri Mattel, perusahaan yang memproduksi berbagai mainan populer.

Nama boneka “Barbie”, Handler ciptakan karena terinspirasi dari nama putrinya Barbara,┬áseperti yang dilansir dari ThoughtCo.

Kemudian, boneka Ken yang dirilis 2 tahun setelah debut Barbie, berasal dari nama putranya.

Menilik masa muda Handler, ia lahir dengan nama Ruth Marianna Mosko pada 4 November 1916 di Denver, Colorado. Orangtuanya adalah Jacob dan Ida Mosko.

Menurut catatan biografi tokoh dunia, pada usia ke-22, ia menikah dengan kekasihnya dari SMA, Elliot Handler.

Perusahaan mainan

Elliot bersama dengan Harold “Matt” Matson, menciptakan usaha pada 1945 yang mereka beri nama “Mattel”.

Namun tak lama setelah itu, Matson menjual saham bagiannya kepada Elliot, sehingga perusahaan itu dimilikinya secara penuh.

Produk pertama Mattel adalah bingkai foto. Namun, Elliot akhirnya mulai membuat furnitur rumah boneka dari potongan bingkai foto.

Karena sukses, akhirnya Elliot fokus memproduksi mainan. Pada 1948, Perusahaan Mattel secara resmi didaftarkan di California.

Penemuan Barbie

Pada 1959, Ruth Handler menciptakan boneka Barbie di bawah perusahaan Mattel. Ia kemudian menyebut dirinya sebagai “ibu Barbie”.

Handler memperhatikan putrinya Barbara dan teman-temannya bermain dengan boneka kertas.

Kemudian menurut catatan biografi tokoh dunia, ia terpikir dan bermotivasi untuk menciptakan boneka yang akan lebih memudahkan gadis-gadis muda bermain dengan boneka mereka.

Pasangan Handler kemudian memperkenalkaan Barbie dengan model busana remaja kepada pembeli di Toy Fair tahunan di New York pada 9 Maret 1959.

Boneka Barbie sangat berbeda dengan boneka bayi atau balita yang populer pada saat itu. Ini adalah boneka dengan tubuh dewasa.

Boneka Barbie dari lini The Fashionista.Getty Images Boneka Barbie dari lini The Fashionista.

Apa yang menginspirasinya? Selama perjalanan keluarga ke Swiss, Ruth Handler melihat boneka Bild Lilli buatan Jerman di toko Swiss dan membelinya.

Boneka Bild Lilli adalah barang koleksi dan tidak dimaksudkan untuk dijual kepada anak-anak. Namun, Handler menggunakannya sebagai dasar desain Barbie-nya.

Kemudian, pacar pertama boneka Barbie, Boneka Ken, memulai debutnya 2 tahun setelah Barbie pada 1961.

Handler berkata bahwa Barbie adalah simbol kebebasan.

“Barbie selalu menggambarkan wanita yang memiliki pilihan. Dia memiliki banyak baju, misalnya, untuk memulai karier sebagai perawat, pramugari, penyanyi klub,” ujarnya, seperti yang dilansir dari ThoughtCo.

Cerita Barbie

Handlet menciptakan cerita personal dari boneka Barbie sejak awal. Dia memberi nama Barbie Millicent Robert dan ia berasal dari Willows, Wisconsin.

Barbie digambarkan sebagai seorang model fesyen remaja. Namun, sekarang ia memiliki banyak versi dengan lebih dari 125 profesi pilihan, termasuk presiden Amerika Serikat.

Barbie edisi pertama datang sebagai seorang berambut cokelat atau pirang. Pada 1961, Barbie berkepala merah dirilis.

Pada 1980, dirilis Barbie Afrika-Amerika pertama dan Barbie Hispanik diperkenalkan.

Barbie pertama dijual seharga 3 dollar AS. Pakaiannya yang mengikuti tren Paris dijual terpisah dengan harga antara 1 hingga 5 dollar AS.

Pada 1959, Barbie dirilis dan 300.000 boneka terjual.

Hingga saat ini, lebih dari 70 perancang busana telah membuat pakaian untuk Mattel, menggunakan lebih dari 105 juta meter kain.

Menurut catatan biografi tokoh dunia, Handler yang menderita kanker usus besar yang membuatnya meninggal berusia 85 tahun, pada 27 April 2002.

Handler meninggalkan suaminya, yang meninggal pada 21 Juli 2011.

Warisan Handler adalah Mattel yang menjadi salah satu perusahaan mainan paling sukses di dunia.

Boneka Barbie miliknya adalah salah satu mainan paling populer dan ikonik di dunia.

Pada 2016, Museum Seni Hias di Paris mengadakan pertunjukan Barbie yang menampilkan ratusan boneka bersama dengan karya seni yang terinspirasi oleh Barbie.

#Tokoh #Biografi #Dunia #Ruth #Handler #Pencipta #Boneka #Barbie #yang #Terinspirasi #dari #Putrinya #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts