Sistem Pertahanan dalam Bola Basket

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Pertahanan atau defense merupakan taktik yang sangat penting dalam permainan bola basket.

Read More

banner 300250

Sistem pertahanan digunakan untuk menjaga pemain lawan agar tidak bisa mencetak poin.

Di dalam permainan bola basket, dikenal berbagai macam sistem pertahanan.

Berikut adalah macam-macam taktik pertahanan dalam bola basket beserta penjelasannya, seperti dikutip dari laman Ducksters dan Hoop Tactics.

Jenis Sistem Pertahanan atau Defense Bola Basket

Dalam sistem Zone Defense atau Pertahanan Zona, masing-masing pemain dalam satu tim ditugaskan untuk menjaga area tertentu di lapangan.

Tujuan Zone Defense adalah menutup ruang kosong di area pertahanan agar pemain lawan tidak bisa masuk dan melakukan tembakan.

Dalam penerapan Zona Defense membutuhkan penyelarasan posisi pemain dan koordinasi yang baik.

Sistem pertahanan dalam permainan bola basket di mana setiap pemain selalu berusaha mendekati lawan satu-satu dinamakan Man-to-man Defense.

Dalam sistem pertahanan ini, pemain yang ditugaskan melakukan penjagaan man-to-man akan mengikuti setiap pergerakan pemain ofensif tim lawan.

Sistem Man-to-man Defense sangat efektif untuk melawan tim yang memiliki penembak luar yang kuat.

Dalam situasi bertahan, sebuah tim terkadang juga menerapkan Combination Defense di mana ada pemain yang melakukan man-to-man sementara yang lainnya membentuk pertahanan zona.

kemdikbud Ilustrasi strategi bertahan pada permainan bola basket

Sistem pertahanan Full Court Press adalah situasi di mana sebuah tim akan memainkan pertahanan di seluruh lapangan dengan harapan bisa menjebak atau mencuri bola.

Double Team adalah sistem pertahanan atau defense dalam bola basket di mana akan ada dua pemain yang bertugas menutup pergerakan pemain lawan yang sedang membawa bola.

#Sistem #Pertahanan #dalam #Bola #Basket #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts