6 Jenis Kuda-kuda dalam Pencak Silat

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Posisi kaki tertentu sebagai dasar tumpuan untuk melakukan sikap dan gerakan bela atau serang disebut kuda-kuda.

Read More

banner 300250

Dalam modul Jurus Menghadapi Lawan (Pencak Silat) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kuda-kuda merupakan salah satu teknik dasar dalam pencak silat.

Kuda-kuda juga merupakan sebuah sikap menapakkan kaki yang berfungsi untuk persiapan menyerang lawan sekaligus mepertahankan posisi agar tidak mudah jatuh.

Adapun, sikap kuda-kuda dalam pencak silat terdiri dari beberapa jenis.

Berikut adalah jenis kuda-kuda dalam pencak silat beserta penjelasannya.

Jenis Kuda-kuda dalam Pencak Silat

Ketika melakukan kuda-kuda belakang, seorang pesilat akan menumpukan berat badan di bagian kaki belakang.

Bagian tumit bisa ditumpukan untuk berpijak supaya tubuh dapat lebh condong ke depan. Sementara itu, kaki bagian depan bisa berjinjit sambil tumit ditapakkan ke permukaan tanah.

Dalam melakukan kuda-kuda depan, posisi salah satu kaki harus ada di depan dan kaki lainnya berada di belakang sambil diluruskan.

Kemudian, sampingkan kaki belakang dengan arah keluar dan tumpukan berat badan ke arah depan.

Ketika melakukan kuda-kuda depan, tubuh dalam posisi tegap dan fokus pandangan adalah lurus ke depan.

Untuk melakukan teknik kuda-kuda samping, petarung atau pemain pencak silat bisa memosisikan diri dengan salah satu kaki ditekuk ke samping. Sementara itu, kaki lainnya bisa diluruskan ke arah samping lainnya.

Tumpukanlah berat badan di bagian kaki yang Anda tekuk tadi dan tubuh harus juga dalam kondisi tegap supaya pundak lebih segaris atau sejajar dengan kaki.

 

Kuda-kuda silang depan adalah teknik gerakan gabungan kuda-kuda depan dan menyamping yang dilakukan pada waktu yang sama.

Ketika pesilat melakukan kuda-kuda silang depan, bentuknya adalah dengan cara salah satu kaki ditapakkan ke arah depan dan ditekuk.

Kaki itulah yang digunakan sebagai penopang berat badan. Sementara itu, kaki yang lain bisa diposisikan melawan arah kaki sebelumnya secara ringan.

  • Kuda-kuda Silang Belakang

Kuda-kuda silang belakang artinya posisi atau gerakan sebaliknya dari kuda-kuda silang depan.

Dalam teknik kuda-kuda ini, pesilat bisa melakukannya dengan cara memosisikan salah satu kaki untuk menopang berat tubuh.

 

Bedanya dengan kuda-kuda silang depan, dalam teknik ini posisi badan adalah mengarah ke belakang dengan posisi kaki yang ringan (tidak digunakan untuk menopang berat tubuh) berada sedikit di depan.

Kuda-kuda tengah dilakukan dengan cara melebarkan kedua kaki sambil ditekuk.

Tekukan kaki tersebut bertujuan agar badan bisa lebih rendah. Dengan demikian, berat badan bisa ditumpukan di bagian titik tengah tubuh.

#Jenis #Kudakuda #dalam #Pencak #Silat #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts