5 Posisi Tidur, Pilih yang Tidak Membahayakan Kesehatan Anda

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Banyak orang tak mempedulikan efek posisi tidur bagi kesehatan. Ketika kantuk datang, langsung saja bergegasan meloncat ke kasur, meringkuk senyaman mungkin dan kemudian lelap.

Read More

banner 300250

Padahal posisi tidur bisa mempengaruhi kesehatan. Jika Anda terbangun dengan tengkuk pegal atau seluruh persendian kaku, bisa jadi Anda tertidur dalam posisi yang menyiksa sendi.

Dalam healthsupportmag, disebutkan bahwa posisi tidur miring ke kiri memiliki banyak manfaat. Seperti mengurangi efek heartburn juga mengorok. 

Menurut Robert Oexman, direktur Sleep to Live Institute, tak ada salahnya mencoba beberapa posisi tidur terbaik dan menghindari posisi tidur yang bisa membahayakan kesehatan.

Awalnya pasti susah untuk membiasakan. Tubuh akan kembali ke kebiasaan lama ketika kesadaran menghilang dan masuk ke tidur lelap.

Namun ketika sering dibiasakan, yaitu ketika Anda masih terjaga, maka lama-kelamaan tubuh akan mengikuti pola yang ada.

Nah, berikut ini adalah beberapa posisi tidur yang biasa dilakukan banyak orang. Ada plus minusnya, tergantung dengan gangguan penyakit yang Anda miliki.

1. Tengkurap

Bisa dibilang, ini adalah posisi tidur terburuk yang bisa dialami siapapun. 

Ilustrasi.

Ketika semalaman tengkurap, leher akan kaku karena harus menoleh ke salah satu sisi selama berjam-jam.

Posisi leher dan tulang belakang yang tak lurus, juga akan membuat beberapa saraf jadi kebas. Terutama tangan.

2. Telentang

Ini juga posisi yang bisa menyebabkan banyak masalah, terutama bagi orang yang sering mengorok, orang dengan gangguan sleep apnea, dan orang dengan gangguan heartburn.

Karena pada posisi deep sleep dimana seluruh rongga mulut dalam posisi rileks, lidah akan mengunci tenggorokan dan memicu dengkuran keras.

Bagi penderita sleep apnea, tidur telentang membuat gravitasi bekerja maksimal dan menyebabkan alur napas jadi terbatas.

Yang ketiga, tidur telentang sangat bahaya untuk mereka yang sering terkena heartburn. Apalagi jika menjelang waktu tidur mengonsumsi makanan, maka hindari posisi telentang ini. Karena asam lambung bisa leluasa naik ke kerongkongan.

Namun bagi orang yang tidak punya gangguan sleep apnea, heartburn, dan mengorok, tidur telentang justru bisa meringankan ngilu dan pegal pada area seputar pundak dan pinggul.

3. Tidur miring

Ilustrasi anak tidur.FREEPIK/PVPRODUCTIONS Ilustrasi anak tidur.

Tidur miring memang bisa mengurangi sleep apnea dan mendengkur. Namun tidur miring terlalu lama juga bisa memperparah orang dengan gangguan nyeri pada pundak atau pinggul.

Untuk menghindari nyeri sendiri di salah satu sisi, cobalah untuk imbang memilih sisi kanan dan kiri.

4. Tengkurap dengan tangan menyangga kepala

Anda pernah tidur tengkurap dengan kedua tangan terlipat menyangga kepala? Awalnya, pasti terasa sangat nyaman. Namun posisi ini hendaknya tak dibiarkan selama berjam-jam.

Karena tangan yang terlipat dan menjadi tumpuan kepala dalam waktu lama bisa membuat saraf di lengan terganggu. Efeknya, adalah rasa kaku dan kebas. Atau disebut dengan gangguan dead fish arm.

5. Tidur dengan rahang mengunci

Kebanyakan orang tak sadar berangkat tidur dengan rahang yang mengunci rapat. Posisi ini, tentu saja membahayakan kesehatan gigi, gusi, juga tulang rahang.

Orang yang sudah memiliki gangguan di seputaran giginya, hendaknya lebih waspada ketika berangkat menuju lelap.

Lima posisi tidur di atas memiliki baik buruk masing-masing. Pilih atau hindari salah satu, sesuaikan dengan gangguan kesehatan di tubuh Anda.

Dengan membiasakan posisi tidur yang tepat, Anda dijamin bisa bangun pagi dengan tubuh yang lebih bugar. 

#Posisi #Tidur #Pilih #yang #Tidak #Membahayakan #Kesehatan #Anda #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts