Pinjam Meminjam Earphone Bisa Tularkan COVID-19? Ini Kata Para Ahli

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta

Read More

banner 300250

Jumlah orang terinfeksi COVID-19 terus bertambah seiring berjalannya waktu. Pasalnya, terdapat banyak medium yang bisa menularkan virus Corona. Apakah earphone dan headset termasuk di antaranya?

Selain menjaga kebersihan tangan dan handphone, menjaga kebersihan earphone ternyata juga tidak kalah pentingnya. Sebab, kebanyakan orang sering kali tidak bisa lepas dari penggunaannya, terutama di masa pandemi saat ini di mana aktivitas teleconference semakin populer.

Oleh sebab itu, penting untuk rutin membersihkan earphone yang kerap digunakan hampir setiap saat. Tak hanya membersihkannya, menghindari saling meminjam earphone dengan orang lain ternyata juga penting untuk dilakukan guna menghindari pindahnya bakteri ke telinga melalui earphone.

Dikutip dari Express, terdapat banyak studi yang telah menemukan bahwa earphone dan headset dapat meningkatkan jumlah bakteri pada telinga, serta memindahkan bakteri dari earphone ke telinga.

Sebuah studi pada Online Journal of Health and Allied Sciences menemukan bahwa sering menggunakan earphone dapat meningkatkan jumlah bakteri pada telinga secara signifikan. Meski tidak saling meminjamkan, menjaga kebersihan earphone dan headset tetap penting untuk dilakukan.

Jika tidak sedang dipakai, kamu bisa meletakkan earphone dan headset pada tempat khusus yang bersih. Sementara itu, untuk menjaga kebersihannya, kamu bisa membersihkan earphone secara rutin menggunakan tisu antibakteri.

Menurut seorang praktisi kesehatan lingkungan, Lisa Ackerley, earphone dan headset dapat membawa bakteri. Jadi, penting untuk membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh earphone.

Namun, di sisi lain, seorang dokter sekaliguus copywriter medis bernama Dr Claudia Pastides MRCGP MBBS iBSc dari Babylon Health mengatakan bahwa tidak terdapat bukti yang menyatakan bahwa virus Corona dapat masuk ke dalam tubuh melalui telinga.

“Virus Corona menyebar melalui droplet dari orang yang terinfeksi, seperti pada saat berbicara, batuk, atau bersin. Atau menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan setelah menyentuh permukaan yang terkontaminasi,” ujar Pastides, dikutip dari Cosmopolitan.

“Belum terdapat bukti yang menyatakan bahwa virus Corona dapat masuk ke dalam tubuh melalui telinga, dan earphone yang mungkin terpapar virus, virus tidak bisa memasuki tubuh melalui telinga,” lanjutnya.

Meskipun begitu, Pastides tetap menyarankan untuk tetap menjaga kebersihan semua benda yang sering tersentuh oleh tangan. Hal ini penting dilakukan untuk mengurangi risiko menularnya COVID-19.


#Pinjam #Meminjam #Earphone #Bisa #Tularkan #COVID19 #Ini #Kata #Para #Ahli

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts