Ini Daftar 10 Bank Terbesar di Dunia, China Mendominasi

  • Whatsapp
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank adalah salah satu bisnis tertua di dunia. Bisnis bank juga seringkali dianggap sebagai usaha paling menguntungkan secara global. Itu sebabnya, bank- bank terbesar di dunia masuk dalam deretan perusahaan paling menguntungkan secara global.

Read More

banner 300250

Daftar bank terbesar di dunia memiliki aset yang sangat mencengangkan, yakni mencapai ratusan triliun dollar AS. Bank juga merupakan industri yang sangat dinamis.

Industri perbankan saat ini telah mengalami perubahan besar dan semakin kompetitif. Bank adalah salah satu bisnis yang paling pertama menerapkan setiap perubahan teknologi.

Berikut ini 7 bank terbesar di dunia berdasarkan jumlah jumlah aset seperti dikutip dari lembaga survei Forex Market Sentiment Indocators (FXSSI), Jumat (4/5/2021):

1. Industrial and Commercial Bank of China (ICBC)

Industrial and Commercial Bank of China atau biasa dikenal dengan ICBC adalah pemegang rekor sebagai bank terbesar di Asia sekaligus bank terbesar di dunia dari sisi aset.

Logo ICBC yang identik dengan uang koin China kuno berwarna merah ini sangat mudah ditemui di kota-kota besar di seluruh dunia. Ini menandakan, operasional bank ini menjangkau secara global di banyak negara.

ICBC sendiri merupakan bank BUMN milik pemerintah China dan berkantor pusang di Peking. Aset bank dengan jumlah karyawan 460.000 orang ini pada tahun 2020 lalu mencapai 4,91 triliun dollar AS.

2. Agricultural Bank of China (ABoC)

Agricultural Bank of China (ABoC) berada di rangking kedua sebagai bank terkaya di dunia. Awalnya, bank ini didirikan pemerintah komunis China untuk mendanai berbagai proyek pertanian di era Mao Zedong.

ABoC kemudian semakin berkembang pesat seiring dengan kemajuan ekonomi China. Pendanaannya kini tak hanya berfokus pada sektor pertanian, namun meluas ke berbagai bidang.

Bank ini memiliki 24.000 kantor cabang di seluruh dunia. Total aset bank ini yakni mencapai 4 triliun dollar AS.

3. China Construction Bank Corporation (CCB)

Daftar bank terbesar di dunia peringkat ketiga ditempati oleh China Construction Bank Corporation atau China Construction Bank (CCB). Berdasarkan laporan keuangan terbarunya, bank ini memiliki aset jumbo sebesar 3,65 triliun dollar AS.

Bank ini memiliki sekitar 14.000 kantor cadang yang terbesar di seluruh dunia dengan jumlah karyawannya mencapai 372.000 orang.

Sejak beberapa tahun terakhir, bank ini aktif melakukan pembiayaan untuk berbagai proyek infrastruktur di seluruh dunia, terutama proyek yang dikerjasamakan beberapa negara dengan pemerintah China.

4. The Bank of China

Lagi-lagi bank dari China menempati posisi teratas bank daftar bank terbesar di dunia. Di urutan keempat, posisi bank terbesar di dunia ditempati The Bank of China.

Bank ini juga tercatat sebagai bank BUMN pemerintah China dengan catatan kepemilikan aset sebesar 3,62 triliun dollar AS atau kalah tipis dibandingkan aset CCB. 

Meski kalah dari sisi aset dibandingkan 3 bank paling besar China, The Bank of China adalah bank tertua di China yang didirikan pada tahun 1912.

5. Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG)

Mitsubishi UFJ Financial Group adalah bank Jepang yang penantang teratas dari dominasi bank-bank raksasa China dalam daftar bank terbesar di dunia. MUFG merupakan bank terbesar di Asia urutan kelima.

MUFG tercatat memiliki jumlah aset sebesar 3,5 triliun dollar AS. Sesuai dengan namanya, bank ini terafiliasi dengan raksasa otomotif Jepang, Mitsubishi Group.

MUFG sendiri merupakan merger dari dua raksasa keuangan Jepang, yakni Bank of Tokyo Mitsubishi yang berbasis di Chiyoda Tokyo dengan UFJ Bank yang berasal dari Osaka.

6. JP Morgan Chase

JP Morgan adalah lembaga keuangan terbesar di Amerika Serikat. Secara global, JP Morgan Chase menempati urutan keenam di bawah bayang-bayang bank asal China.

Aset JP Morgan Chase kini mencapai 3,24 triliun dollar AS. Kantor raksasa keuangan AS ini berada di Manhattan, New York.

Yang menarik, JP Morgan Chase tak hanya dikenal sebagai bank. Namun juga merangkap sebagai lembaga investasi, bahkan disebut-sebut sebagai perusahaan pengelola investasi terbesar secara global.

7. HSBC Holdings

Daftar bank terbesar di dunia urutan ketujuh adalah HSBC dengan total sebesar 2,95 triliun dollar AS. Bank ini tercatat sebagai bank terbesar di Benua Eropa.

HSBC merupakan bank yang berbasis di London, Inggris. Meski demikian, HSBC sebenarnya awalnya bermula dari Hong Kong dan sudah ada sejak tahun 1865.

Dalam sejarahnya, HSCB didirikan Inggris untuk mengakomodir transaksi perdagangan dari Hong Kong dan China Daratan ke negara-negara Eropa. Kini, HSCB menjelma menjadi raksasa keuangan dunia dan merambah berbagai sektor jasa keuangan.

#Ini #Daftar #Bank #Terbesar #Dunia #China #Mendominasi #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts