BPBD DKI Sebut Semua Pengungsi Banjir Telah Kembali ke Rumah Halaman all

  • Whatsapp
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Sabdo Kurnianto mengatakan, saat ini pengungsi banjir sudah kembali ke rumah masing-masing.

Read More

banner 300250

Sabdo mengeklaim, penanganan genangan dan banjir hingga surut dilakukan dalam waktu satu hari.

“Hari Senin dini hari jam 03.00 pagi tadi dipastikan 100 persen sudah surut,” kata Sabdo melalui keterangan tertulis, Senin (22/2/2021).

Kendati banjir telah surut, Pemprov DKI Jakarta masih menyiagakan fasilitas tenda dan kebutuhan pangan bagi warga terdampak selagi proses pembersihan tempat tinggal berlangsung.

Banjir yang terjadi di Jakarta disebut diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi.

Sabdo mengemukakan, curah hujan yang melanda kawasan Ibu Kota dan sekitarnya di atas 150 milimeter per hari.

Untuk wilayah Jakarta, kategorinya ekstrem sampai 226 milimeter per hari.

Sabdo juga menuturkan, BPBD Provinsi DKI Jakarta telah membuat rekap data penanganan kejadian banjir besar di Jakarta dari tahun ke tahun yang merujuk pada intensitas curah hujan tinggi atau ekstrem, seperti yang terjadi pada tahun lalu dengan curah hujan 377 milimeter per hari.

Data yang ditampilkan, sebut dia, merupakan data yang merepresentasikan kejadian banjir besar di Ibu Kota.

“Data yang ditampilkan adalah data yang merepresentasikan kejadian banjir besar di Jakarta,” tutur Sabdo melalui keterangan tertulis, Senin (22/2/2021).

Guna memberikan informasi banjir di Ibu Kota, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta telah menyediakan peta berbasis RT yang memungkinkan masyarakat memantau wilayah tergenang dan luasan area tergenang mulai 2021.

Kepala Diskominfotik DKI Jakarta Atika Nur Rahmania mengatakan, masyarakat dapat mengakses informasi banjir secara tepat waktu melalui aplikasi Pantau Banjir.

Atika menambahkan, aplikasi tersebut juga menyediakan data banjir lintas tahun.

“Terkait data, kami di Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk selalu terbuka kepada masyarakat. Masyarakat bisa mengakses informasi banjir secara real time melalui aplikasi Pantau Banjir,” kata Atika.

Aplikasi itu dapat diakses dalam aplikasi Pantau Banjir atau situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/data-banjir-lintas-tahun.

Selain itu, data banjir lintas tahun juga tersedia dalam Portal Data Terbuka Pemprov DKI Jakarta dan dapat diakses melalui tautan pada Jakarta Open Data.

#BPBD #DKI #Sebut #Semua #Pengungsi #Banjir #Telah #Kembali #Rumah #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts