Indonesia Mulai Vaksinasi COVID-19, Menkes: Malaysia Ngomel Belum Dapat

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta

Read More

banner 300250

Indonesia jadi salah satu tu negara di Asia Tenggara yang sudah memulai program vaksinasi COVID-19. Pemberian dosis vaksin COVID-19 pertama sudah dilakukan per 13 Januari lalu dengan Presiden Joko Widodo sebagai penerimanya.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia cukup beruntung karena bisa mengamankan pasokan ratusan juta dosis vaksin dengan cepat.

“Vaksinasi kan itu ada isu pengadaan, pengadaan kan rebutan di seluruh dunia. Sudah lihat kan WAG dari teman-teman di Malaysia soal vaksin yang ngomel. Negara-negara yang divaksin itu paling 40-50 dari 150-an negara anggota PBB karena yang lain nggak kebagian,” ungkap Menkes Budi saat diwawancarai tim detikcom, beberapa waktu lalu.

Ia menggambarkan banyaknya negara yang harus berebut untuk mengamankan pasokan vaksin COVID-19. Belum lagi banyak negara maju sudah membeli vaksin dengan dosis yang luar biasa, bahkan berkali-kali lipat dari jumlah penduduknya.

“Jadi di sini Indonesia, kita musti bersyukur bahwa kita sudah secure produksi vaksinnya,” ujarnya.

Pemerintah Indonesia sendiri mengaku telah mengamankan 600 juta dosis vaksin COVID-19 dari berbagai perusahaan farmasi di antaranya Sinovac, AstraZeneca, Pfizer-BioNTech, dan Novavac. Saat ini 3 juta dosis vaksin Corona Sinovac sudah tiba dan telah digunakan di program vaksinasi tahap pertama.


#Indonesia #Mulai #Vaksinasi #COVID19 #Menkes #Malaysia #Ngomel #Belum #Dapat

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts