5 Alasan Pernikahan Bisa Tingkatkan Kesehatan Halaman all

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Bagi banyak orang, menikah mendatangkan kebahagiaan. Hidup bersama pasangan dapat membuat seseorang merasa lebih dicintai, diperhatikan, dan dipedulikan.

Read More

banner 300250

Selain itu, sejumlah pasangan suami istri juga menjadi lebih sehat setelah menikah. Hal ini dibuktikan oleh penelitian dari Brigham Young University.

Berdasarkan hasil penelitian terhadap 4.746 pasangan suami istri dengan rentang usia 51-61 tahun, pernikahan berdampak pada kesehatan.

Hal ini dikarenakan pasangan saling meniru kebiasaan sehat satu sama lain. Pasangan juga merupakan cermin yang berkaitan dengan status kesehatan.

Seorang pria yang sehat di awal usia 50-an kemungkinan besar memiliki istri yang menerapkan pola hidup sehat. Begitu juga sebaliknya.

Penelitian itu mengungkapkan, pasangan hidup dalam lingkungan yang sama terkait urusan makanan, olahraga, pengelolaan stres, dan berbagi tekanan emosional.

Dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan, pernikahan dapat meningkatkan kesehatan seseorang apabila pasangannya juga mendukung.

Berikut manfaat kesehatan terkait dengan pernikahan seperti yang diungkap The Healthy.

1. Berolahraga

Tak sedikit pasangan yang meluangkan waktu untuk berolahraga bersama. Entah hanya sekadar jalan kaki di sekitar rumah, lari pagi, maupun pergi ke gym.

Selain itu, saat sudah menikah, aktivitas bercinta juga dikatakan membawa manfaat kesehatan. Bercinta dapat memompa jantung dan membakar kalori.

Tak hanya itu, bercinta memicu pelepasan endorfin yang membuat tubuh lebih segar dan memberikan perasaan nyaman.

Sentuhan yang terjadi saat bercinta juga memicu pelepasan hormon oksitosin yang disebut hormon cinta.

Menurut beberapa penelitian, pelepasan kedua hormon tersebut dapat meningkatkan aliran darah ke otak, kekebalan, dan kesehatan mental.

2. Menurunkan berat badan

Program penurunan berat badan bisa lebih sukses dengan hadirnya pasangan. Tak bisa dipungkiri, dukungan yang didapat dari pasangan bisa menjadi penyemangat.

Terlebih jika pasangan juga ingin ikut serta dalam program penurunan berat badan. Hal itu akan semakin memotivasi.

3. Makan lebih sehat

Istri memegang peran kunci dalam kesehatan suaminya. Mengapa demikia? Sebab istrilah yang mengatur asupan makanan sehari-hari.

Apabila istri menyediakan makanan sehat, otomatis suaminya harus mengonsumsi makanan tersebut. Kebiasaan ini memiliki dampak positif pada kesehatan dalam jangka panjang.

Suatu penelitian di Australia terhadap 3.000 pasangan menemukan, pria yang sebelumnya makan lebih banyak lemak, garam, dan gula, konsumsi makanannya menjadi lebih sehat setelah tinggal dengan istri.

Hal ini dikarenakan istri mengambil alih untuk belanja bahan makanan dan mempersiapkan makanan.

Ilustrasi pasangan makan sehat untuk penuhi nutrisi

4. Lebih aktif

Tak hanya istri yang membawa manfaat kesehatan bagi suaminya. Tidak jauh berbeda, suami juga bisa membuat istrinya lebih sehat karena semakin aktif.

Hal ini diungkapkan dalam hasil studi dari Sekolah Ilmu Kesehatan dan Rehabilitasi University of Pittsburgh terhadap 3.075 wanita dan pria berusia 70-79 tahun.

Hasil studi menemukan pria yang aktif, tiga kali lebih mungkin memiliki istri yang juga aktif. Alasannya karena istri akan mengikuti kegiatan suaminya.

5. Meredakan stres

Menikah juga membantu meredakan stres. Salah satunya karena agenda liburan yang direncanakan oleh suami istri.

Liburan menempatkan pasangan dalam suasana santai dan juga memberi kesempatan lebih banyak untuk berolahraga lebih banyak.

Penelitian selama sembilan tahun yang dilakukan University of Pittsburgh terhadap 12.000 pria menemukan, mereka yang rutin liburan setiap tahun memiliki risiko kematian lebih rendah.

Selain itu, berlibur juga dapat membantu mengembangkan karier.

Selain itu, pernikahan juga memungkinkan seseorang berbagi dan mendapatkan tempat untuk berkeluh kesah.

Berencana Menikah di 2021? Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini

#Alasan #Pernikahan #Bisa #Tingkatkan #Kesehatan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts