Penemuan Peti Mati Kuno di Mesir, Berisi Mumi Bangsawan hingga Pendeta

  • Whatsapp
banner 468x60

 

Read More

banner 300250

KOMPAS.com – Dewan Purbakala Mesir mengumumkan penemuan 100 peti mati kuno yang di dalamnya berisi beberapa mumi. Peti-peti itu ditemukan di pemakaman Firaun di sisi selatan Kairo, Ibu Kota Mesir.

Dikutip dari , Minggu (15/11/2020) penemuan peti-peti mati itu disampaikan oleh Dewan Purbakala Mesir pada Sabtu (14/11/2020).

Selain menemukan 100 peti mati, tim arkeolog juga menemukan sekitar 40 patung emas, dan sarkofagus berwarna-warni yang telah dikubur selama lebih dari 2.500 tahun.

Benda-benda bersejarah itu kemudian ditampilkan dalam pameran sementara di kaki Piramida Bertangga Djoser atau Step Pyramid of Djoser yang berada di Saqqara.

Menteri Pariwisata dan Purbakala Khaled El Anany, dalam konferensi pers mengatakan, benda-benda bersejarah itu berasal dari dinasti Ptolemeus yang memerintah Mesir selama sekitar 300 tahun, dari sekitar 320 SM sampai sekitar 30 SM, dan Periode Akhir (664-332 SM).

Anany mengatakan otoritas Mesir akan memindahkan artefak-artefak tersebut ke setidaknya tiga museum Kairo, termasuk Museum Agung Mesir yang dibangun di dekat Piramida Giza.

Mumi bangsawan

Dilansir dari CNN, Senin (16/11/2020), Kementerian Purbakala Mesir mengatakan, peti-peti mati yang ditemukan itu kemungkinan besar merupakan peti mati dari kalangan bangsawan atau pejabat tinggi.

“Ini adalah sesuatu yang membuat penemuan ini istimewa, kuantitas dan kualitas peti mati yang ditemukan sangat baik,” kata Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Purbakala Mesir.

Waziri mengatakan, hasil pemindaian sinar-X menunjukkan salah satu mumi itu adalah seorang laki-laki dengan tinggi sekitar 5 kaki atau 1,5 meter.

Disebutkan juga, mumi itu dalam keadaan sehat semasa hidupnya dan kemungkinan besar meninggal antara usia 40 dan 45 tahun.

Menteri Pariwisata dan Purbakala Mesir, Khaled El-Anany mengatakan penemuan ini tidak akan menjadi yang terakhir.

Dia menambahkan bahwa penemuan arkeologi baru di nekropolis Saqqara akan diumumkan akhir tahun ini.

Serangkaian penemuan

Sebelumnya, pada bulan Oktober para peneliti menemukan sejumlah besar sarkofagus yang belum dibuka di situs tersebut.

Pada September, mereka mengumumkan bahwa mereka telah menemukan 13 peti mati yang bertumpuk di dalam sumur.

Sementara pada bulan April, mereka menemukan kumpulan mumi lainnya, yang ditemukan di sebuah lubang.

Mumi pendeta

Sementara itu, dilansir dari Forbes, 15 Oktober 2020, penggalian pada bulan sebelumnya menemukan mumi Djehuty Imhotep, seorang pendeta tinggi Djehuty, Dewa Aksara.

Selain penemuan peti mati berisi mumi, ditemukan juga lebih dari dua lusin patung Ptah-Sokar, dewa nekropolis.

Ditemukan pula jimat, topeng, dan patung oshabti yang diyakini akan menyediakan makanan bagi pemiliknya di akhirat.

Arkeolog juga menemukan patung perunggu dewa muda Nefertum, dengan prasasti di alasnya yang mengidentifikasi pemiliknya sebagai pendeta Badi-Amun.


#Penemuan #Peti #Mati #Kuno #Mesir #Berisi #Mumi #Bangsawan #hingga #Pendeta

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts