Microsoft Mulai “Hapus” Menu Control Panel di Windows 10

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Control Panel, pusat pengaturan semua komponen komputer, merupakan komponen Windows yang setia hadir sejak versi pertamanya dirilis pada 1985. Control Panel pun ada di Windows 10, berdampingan dengan aplikasi Settings yang lebih modern.

Read More

banner 300250

Namun, belakangan Microsoft berupaya mengalihkan pengguna Windows agar lebih banyak menggunakan Settings dengan mulai “menghapus” Control Panel secara perlahan. Salah satu langkahnya bisa ditemukan di update Windows 10 versi Oktober 2020.

Dalam pembaruan ini, pengguna dilaporkan tidak bisa mengakses menu System di Control Panel. Ketika ikon System di-klik, yang terbuka justru aplikasi Settings.

Redirect  tersebut terjadi karena Microsoft memang menambah flag untuk mengalihkan pengguna ke laman About di dalam aplikasi Settings > System.

techradar.com Halaman Control Panel di Windows

Selain itu, menurut laporan TechRadar yang dihimpun KompasTekno, Sabtu (7/11/2020), Microsoft turut memblokir akses Control Panel dari menu Properties di Windows Explorer dan aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang menyediakan shortcut ke Control Panel.

Dalam Windows 10 versi preview build, kabarnya menu Program and Features yang berada di bawah Control Panel juga akan dialihkan ke menu Apps and Features di Settings.

Menu Settings sendiri sebenarnya menyediakan fungsi yang serupa dengan Control Panel. Hanya saja tampilannya berbeda, yakni berupa daftar (list), bukan tabel seperti Control Panel.

Karena itu, Microsoft mungkin ingin menghilangkan Control Panel supaya fungsinya tidak bertumpuk dengan aplikasi Settings.

Tanda-tanda Control Panel akan dihapus sebenarnya sudah tercium setidaknya sejak Maret lalu. Ketika itu, Control Panel disembunyikan di OS Windows 10 versi insider untuk keperluan pengujian. Belum diketahui kapan Control Panel akan benar-benar dihilangkan dari Windows.

#Microsoft #Mulai #Hapus #Menu #Control #Panel #Windows

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts