Menang Pilpres AS, Kapan Joe Biden Dilantik Jadi Presiden dan Berkantor di Gedung Putih?

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Calon Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Kamala Harris, hampir pasti memenangi Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020.

Read More

banner 300250

Berdasarkan data perolehan suara elektoral yang ditampilkan The Associated, Sabtu  (7/11/2020), Joe Biden-Kamala Harris memimpin dengan perolehan suara elektoral sebanyak 290, sedangkan rivalnya, Donald Trump-Mike Pence jauh tertinggal dengan 214 suara elektoral.

Untuk menjadi pemenang dalam Pemilihan Presiden AS 2020, pasangan calon harus mengantongi minimal 270 suara elektoral.

Dengan perolehan suara saat ini, Biden-Harris hampir dipastikan akan menjadi pemenang Pilpres AS 2020.

Setelah dinyatakan sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS, kapan keduanya akan dilantik dan resmi bertugas menggantikan Donald Trump? 

Presiden dan Wapres terpilih AS baru akan dilantik dan secara resmi bertugas sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS pada Januari 2021.

Berdasarkan laman resmi Pemerintah AS, pelantikan itu akan dilakukan pada 20 Januari 2021.

Jadwal ini berdasarkan alur yang selama ini sudah berjalan di AS. Dalam periode 4 tahunan, seorang presiden dan wakil presiden terpilih akan dilantik pada 20 Januari atau 21 Januari, jika tanggal 20 bertepatan dengan hari Minggu.

Lokasi pelantikan adalah di Gedung Capitol, Washington DC.

Pada hari itu, sang wakil presiden terpilih akan lebih dahulu dilantik dengan mengucapkan sumpah jabatan yang sudah diucapkan dalam setiap pelantikan pejabat negara di AS sejak 1884.

Sumpah itu berbunyi sebagai berikut:

Saya dengan sungguh-sungguh bersumpah (menegaskan) bahwa saya akan mendukung dan membela Konstitusi Amerika Serikat dari semua musuh, asing dan domestik; bahwa saya akan memikul keyakinan dan kesetiaan yang benar pada hal yang sama; bahwa saya mengambil kewajiban ini dengan bebas, tanpa ada reservasi mental atau tujuan penghindaran; dan bahwa saya akan dengan baik dan setia melaksanakan tugas-tugas kantor yang akan saya masuki: Jadi tolonglah saya, Tuhan. “

Pada siang hari tanggal yang sama, presiden terpilih akan dilantik dan mengucap sumpah.

Hal ini sesuai dengan aturan dalam Pasal II Bagian I Konstitusi AS.

Bunyi sumpah jabatan untuk presiden terpilih adalah sebagai berikut:

Saya sungguh-sungguh bersumpah (menegaskan) bahwa saya akan setia menjalankan Kantor Presiden Amerika Serikat, dan akan dengan kemampuan terbaik saya, melestarikan, melindungi, dan mempertahankan Konstitusi Amerika Serikat.”

Prosesi pelantikan direncanakan oleh Joint Congressional Committee on Inaugural Ceremonies (JCCIC).

Dalam pelantikan itu, presiden terpilih akan menyampaikan pidato setelah mengucapkan sumpah jabatannya.

Setelah resmi dilantik, mereka akan mulai bertugas.

Biden dan keluarganya pun bisa menghuni Istana Kepresidenan Amerika Serikat, Gedung Putih atau White House yang terletak di Pennsylvania Avenue, Ibu Kota Washington DC.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Infografik: Sistem Pemilihan Presiden di Amerika Serikat

#Menang #Pilpres #Kapan #Joe #Biden #Dilantik #Jadi #Presiden #dan #Berkantor #Gedung #Putih

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts