Masalah-masalah di PlayStation 5 dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Sony resmi merilis konsol PlayStation 5 ( PS5) di sejumlah negara pada Kamis (12/11/2020) lalu.

Read More

banner 300250

Kehadiran konsol next-gen ini tampaknya telah menarik perhatian para gamer. Sebab, hanya dalam hitungan hari, stok PS5 yang dijual secara online di Jepang langsung ludes.

Meski mendapat sambutan hangat, namun PS5 turut mendapat kritik pedas di awal peluncurannya. Tak sedikit dari para pemilik awal PS5 yang mengeluhkan adanya sejumlah bug dan error yang mengganggu. 

Sony sendiri masih belum memberikan pernyataan resmi terkait bagaimana cara mengatasi aneka permasalahan tersebut. Namun, terdapat beberapa cara sederhana yang terbukti dapat menangani masalah-masalah yang dialami pada PS5.

Lantas, masalah apa yang dijumpai pada PS5 dan bagaimana cara mengatasi? Selengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Geek Culture, Selasa (17/11/2020).

1. Game dan aplikasi macet di kolom antrean

Banyak pemain yang mengalami masalah unduhan digital. Game yang harusnya diunduh secara otomatis, justru macet dalam status “Antre untuk diunduh” (Queued for Download).

Masalah tersebut tidak hanya terjadi ketika pengguna mengunduh game saja, melainkan juga berlaku ketika mengunduh aplikasi seperti Netflix dan Disney Plus.

Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna disarankan untuk mengembalikan pengaturan PS5 ke kondisi awal/pabrik. Apabila masalah tersebut kembali terjadi, maka pengguna mungkin harus melakukan factory reset lagi.

2. Gagal terhubung ke PlayStation Network

Sejumlah pengguna mengaku sulit untuk mengakses layanan PlayStation Network (PSN). Sayangnya, tidak ada cara pasti untuk memperbaiki masalah ini. Pengguna dapat mencoba untuk me-restart koneksi internet yang terkoneksi pada PS5.

Selain itu, pengguna dapat memeriksa status layanan PSN dengan mengunjungi situs resmi PlayStation pada tautan berikut.

3. Tidak dapat melakukan transfer data dari PS4 ke PS5 melalui port USB dan LAN

Ketika pertama kali mengakses PS5, pengguna dapat memilih untuk melakukan transfer data dari PS4 ke PS5. Tentunya, opsi transfer tersebut bersifat tidak bersifat wajib alias dapat dilewati.

Apabila memilih untuk melakukan transfer data ke PS5, maka pengguna disarankan untuk mengirimkan data menggunakan jaringan WiFi, melalui USB via HDD/SSD eksternal, atau kabel LAN.

Namun ketika tahap ini dilakukan, tak sedikit dari banyak pengguna yang mengaku mengalami gangguan seperti proses transfer yang berlangsung lama. Dalam sejumlah kasus, proses ini bisa mengakibatkan konsol crash.

Cara terbaik untuk melakukan transfer data saat ini adalah melalui jaringan WiFi. Pengguna juga dapat melakukan transfer via USB. Disarankan untuk menggunakan port USB yang terletak di sisi depan konsol.

Akan tetapi, cara tersebut juga berpotensi untuk mengakibatkan masalah-masalah baru lainnya. Melakukan factory reset juga disebut dapat memperbaiki masalah ini, meski proses tersebut dapat menghilangkan seluruh data dan pengaturan di PS5.

Alhasil, pengguna hanya disarankan untuk menggunakan jaringan WiFi apabila hendak melakukan transfer data.

4. Sejumlah game PS4 tidak bisa dimainkan di PS5

Beberapa waktu lalu, Sony telah mengumumkan bahwa terdapat hampir 4.000 game PS4 yang dapat dimainkan di konsol PS5.

Namun faktanya, sejumlah pemain masih gagal untuk memainkan game PS4 di konsol PS5 mereka. Beberapa bahkan mengalami error, di mana mereka diminta untuk membeli game PS4 PlayStation Store. Padahal, game PS4 yang dimaksud telah ditransfer pada PS5.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna dapat mengakses menu “User” dan pilih “Accounts”. Gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Other”.

Klik opsi “Other” dan pilih “Restore Licenses”. Selanjutnya akan muncul halaman yang memberitahu bahwa kini pengguna sudah bisa memainkan game PS4 pada konsol PS5 mereka.

5. PS5 mati saat menjalankan game

Di antara masalah-masalah yang hadir pada PS5, dapat dikatakan ini merupakan masalah yang paling serius. Sebab, ketika pengguna sedang memainkan game atau mengakses aplikasi seperti Netflix, PS5bisa mati secara mendadak.

Bagian terburuknya adalah masalah ini dapat terjadi kapan saja. Hal ini tentu dapat membuat pengguna merasa sangat jengkel.

Belum ada cara pasti untuk bisa mengatasi masalah tersebut, namun pengguna bisa coba melakukan factory reset pada PS5.

6. PS5 crash saat mengaktifkan Rest Mode

Rest Mode merupakan mode dimana konsol dapat tetap aktif dalam keadaan low power. Umumnya, mode ini digunakan ketika pengguna ingin mengunduh game berukuran besar dan memakan waktu berjam-jam.

Mode ini memungkinkan konsol untuk tetap aktif mengunduh game dan aplikasi, meski konsol terlihat seperti dalam keadaan mati.

Syarat untuk mengaktifkan mode ini adalah untuk tetap menjaga listrik konsol tetap keadaan terhubung dan koneksi internet dalam keadaan lancar.

Nah, rupanya terdapat bug yang mengakibatkan pengguna sulit untuk mengakses Rest mode dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan konsol crash. Masalah tersebut juga berpotensi menghilangkan data yang tersimpan pada PS5.

Hingga saat ini Sony masih belum mengumumkan cara untuk memperbaiki masalah tersebut. Alhasil pengguna disarankan untuk tidak mengaktifkan Rest mode untuk sementara.

Selain itu, pengguna juga dapat sepenuhnya menonaktifkan fitur Rest mode dengan mengakses menu Settings dan memilih opsi “Power Saving”. Selanjutnya klik “Set Time Until PS5 Enters Rest Mode” dan pilih “Disable Rest Mode”.

7. DualSense tidak berfungsi setelah pengaturan awal

Ketika pertama kali menggunakan controller DualSense, pengguna harus terlebih dahulu melakukan langkah pengaturan awal. Pengguna akan diminta untuk menghubungkan DualSense ke konsol melalui port USB-C yang tersedia.

Dalam prosesnya, DualSense akan melakukan pemasangan dan perbaruan software. Jika pengguna secara tidak sengaja melepas kabel ketika controller masih dalam proses instalasi, maka controller akan mengalami error.

Jika masalah ini terjadi, pengguna dapat mengunduh ulang software dengan pergi ke menu Settings, pilih “System”, dan pilih opsi “System Software Update and Settings”.

Selanjutnya pilih “Update System Software”. Apabila masalah tersebut masih terus berlanjut, maka pengguna disarankan untuk melakukan factory reset pada konsol PS5.

8. PS Camera tidak dapat terhubung ke konsol PS5 ( Error CE-111161-1)

Untuk bisa melakukan streaming game pada PS5, pengguna dapat menggunakan aksesori bawaan dari Sony, yakni PS Camera. Namun, beberapa pengguna justru mendapatkan error dengan kode “CE-111161-1” ketika sedang memasang PS Camera.

Kabar baiknya, Sony telah menerangkan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Pengguna harus menggunakan adapter khusus untuk menyambungkan PS Camera ke PS5.

Selanjutnya, pengguna disarankan untuk menyesuaikan posisi kamera dan menggunakan kamera di ruangan yang terang.

9. Gambar PS5 terlihat terdistorsi di TV atau monitor

Beberapa pengguna melaporkan bahwa gambar yang ditampilkan oleh TV yang terkoneksi dengan PS5 terlihat terdistorsi, bahkan tidak ada sama sekali.

Umumnya hal ini terjadi apabila pengguna memakai kabel HDMI pihak ketiga untuk mengubungkan konsol ke TV atau monitor.

Untuk memperbaiki hal tersebut, pengguna disarankan untuk menggunakan kabel HDMI resmi yang tersedia di dalam kotak kemasan PS5.

#Masalahmasalah #PlayStation #dan #Cara #Mengatasinya

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts