Kim Jong Un Alami Kelebihan Berat Badan, Bobotnya Sekarang 139 Kg

  • Whatsapp
banner 468x60

PYONGYANG, KOMPAS.com – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dilaporkan mengalami kelebihan berat badan, di mana bobotnya saat ini mencapai 139 kg.

Read More

banner 300250

Berdasarkan keterangan dinas intelijen Korea Selatan kepada parlemen, selama delapan tahun terakhir bobot Kim bertambah hingga 50 kg.

Meski indeks massa tubuhnya 51,3, yang berarti dia kelebihan berat badan, intelijen “Negeri Ginseng” mebegaskan kondisi Kim baik-baik saja.

Telik sandi Korea Selatan menyebut rumor bahwa diktator Korea Utara sejak 2011 mengalami kondisi kesehatan yang buruk sangat dilebih-lebihkan.

Pada awal 2020, Kim Jong Un sempat dirumorkan menderita penyakit serius setelah dia tidak hadir dalam agenda penting Partai Buruh pada 15 April.

Bahkan, sejumlah kalangan meyakini bahwa Kim sudah meninggal. Sebelum sang pemimpin tertinggi muncul ke hadapan publik pada 1 Mei.

Kabar mengenai kesehatan Kim muncul setelah dewan rakyat tertinggi setempat mengeluarkan larangan merokok di tempat umum.

Dilansir Daily Mail Kamis (5/11/2020), larangan itu dibuat supaya penduduk bisa mendapatkan “lingkungan tinggal yang higienis”.

Berdsarkan pemberitaan KCNA, pemerintah akan melakukan pengetatan dan kontrol terhadap produksi dan penjualan tembakau sebagai bahan baku rokok.

Media pemerintah melaporkan, larangan itu akan diterapkan di tempat seperti pusat ideologi dan politik, bioskop, hingga fasilitas kesehatan umum.

Merujuk kepada data Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 2013, sebanyak 43,9 persen dari populasi Korea Utara adalah perokok.

Kim Jong Un sendiri dikenal sebagai perokok berat, di mana dalam beberapa kesempatan dia kerap mengobrol sembari memegang rokok.

Adapun rumor mengenai kesehatannya muncul setelah dia tidak hadir dalam peringatan Hari Matahari, yang notabene hari kelahirkan kakeknya, Kim Il Sung.

Para pembelot kemudian melontarkan rumor bahwa pemimpin tertinggi itu kondisinya memburuk setelah menjalani pembedahan jantung.

Salah satu pembelot Korut yang cukup punya pengaruh, Ji Seong Ho, bahkan meyakini 99 persen bahwa Kim sudah meninggal.

Namun pada 1 Mei, Kim Jong Un mengejutkan dunia sekaligus membuyarkan berbagai spekulasi miring setelah hadir dalam peresmian pabrik pupuk.

#Kim #Jong #Alami #Kelebihan #Berat #Badan #Bobotnya #Sekarang

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts