Ki Seno Meninggal Usai Bersepeda, Benarkah Gowes Bisa Bikin Jantung Kolaps?

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta

Read More

banner 300250

Ki Seno Nugroho, dalang ternama dari Yogyakarta ini meninggal dunia di rumah sakit. Sebelum meninggal, pihak keluarga menyebut Ki Seno ini baru selesai bersepeda dengan teman-temannya.

“Selasa (3/11) sore habis olahraga jam 4 sore bersepeda sama temannya Pak Seno, warga sini. Itu di tengah jalan sebelum mau pulang sudah berasa sakit sampai dijemput oleh warga sini,” kata manajer Ki Seno, Gunawan Widagdo, saat ditemui di rumah duka, Rabu (4/11/2020).

Kejadian pegowes yang kolaps saat bersepeda yang disebabkan serangan jantung memang sudah beberapa kali terdengar.

Memang gowes seperti apa yang bisa memicu jantung kolaps?

Ahli jantung dari Siloam Hospital Lippo Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP mengatakan, ada berbagai macam penyebab jantung kolaps saat bersepeda. Salah satunya durasi yang lama dan tanpa persiapan apapun.

“Gowes dengan durasi yang lebih lama dari yang dia lakukan sebelumnya. Tanpa persiapan, jadi ini memang baru pertama kali (gowes) dengan intensitas yang tinggi,” jelas dr Vito.

“Ada lagi, kalau mereka mungkin selama ini sudah biasa gowes tapi mereka nggak tahu kalau mereka punya penyakit jantung,” lanjutnya.

dr Vito juga mengatakan, seringkali orang yang memiliki penyakit jantung tidak menyadarinya. Terutama penyakit jantung koroner atau penyakit penyempitan pembuluh darah di jantung.

“Ini sering pada orang yang selama ini mereka merasa baik-baik saja,” imbuh dr Vito.


#Seno #Meninggal #Usai #Bersepeda #Benarkah #Gowes #Bisa #Bikin #Jantung #Kolaps

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts