Bapak-bapak! Ini 6 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Agar Istri Cepat Hamil

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta

Read More

banner 300250

Tingkat kesuburan pada pria tak selalu bisa diobati, namun beberapa cara dapat dilakukan untuk meningkatkan peluang kehamilan. Kesuburan dan kualitas sperma terkadang dapat ditingkatkan dengan diet sehat dan perubahan gaya hidup.

Gaya hidup, makanan yang dikonsumsi, nutrisi, dan suplemen dapat meningkatkan kesuburan dan meningkatkan jumlah sperma pada pria. Infertilitas pada pria adalah kondisi di mana kecilnya peluang untuk membuat istri hamil. Biasanya infertilitas bergantung pada kualitas sperma.

Dikutip dari Healthline, berikut enam cara untuk meningkatkan jumlah sperma dan kesuburan pada pria.

1. Olahraga dengan teratur

Selain baik untuk kesehatan, berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kadar testosteron dan kesuburan. Sebuah studi menunjukkan bahwa pria yang berolahraga secara teratur memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dan kualitas sperma yang lebih baik dibandingkan pria yang tidak aktif melakukan olahraga. Namun, terlalu banyak olahraga juga dapat menurunkan kadar testosteron. Olahraga dengan cara dan intensitas yang tepat dapat meminimalkan risiko tersebut.

2. Konsumsi vitamin C yang cukup

Vitamin C mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung antioksidan, seperti vitamin C dapat meningkatkan kesuburan. Sebuah studi yang dilakukan pada pria dengan infertilitas menunjukkan konsumsi 1.000 mg vitamin C dua kali sehari hingga dua bulan dapat meningkatkan motilitas sperma sebesar 92 persen, dan jumlah sperma lebih dari 100 persen. Vitamin C juga membantu mengurangi proporsi sel sperma yang cacat sebesar 55 persen.

3. Santai sejenak dan minimalkan stres

Stres dapat mengurangi kepuasan seksual dan berisiko merusak kesuburan pada pria. Para peneliti percaya bahwa hormon kortisol dapat mengakibatkan dampak buruk stres terhadap kesuburan dan jumlah sperma yang diproduksi. Stres yang berkepanjangan dapat meningkatkan kadar kortisol, hal itu berpengaruh pada testosteron. Saat kortisol naik, kadar testosteron cenderung turun. Kurangi stres dengan berjalan-jalan sejenak, berolahraga, meditasi, dan menghabiskan waktu bersama teman atau pasangan.

4. Konsumsi suplemen fenugreek

Fenugreek adalah ramuan tradisional yang cukup terkenal digunakan untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Sebuah studi dilakukan pada 30 pria yang berolahraga intens empat kali seminggu untuk menunjukkan efek mengonsumsi 500 mg ekstrak fenugreek setiap hari.

Para pria yang diteliti, peningkatan kadar testosteron, kekuatan, dan hilangnya lemak secara signifikan terjadi. Studi lain dilakukan pada 60 pria sehat. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 600 mg testofen, suplemen yang terbuat dari ekstrak biji fenugreek dan mineral setiap hari selama enam minggu dapat meningkatkan libido, performa seksual, dan kekuatan. Tidak semua fenugreek yang digunakan untuk suplemen dan fenugreek yang digunakan untuk memasak maupun teh herbal berdampak sama.

5. Konsumsi makanan dengan kandungan zinc

Zinc merupakan mineral penting dan dapat ditemukan dalam jumlah tinggi pada makanan hewani seperti daging, ikan, telur, dan kerang. Mendapatkan zinc yang cukup merupakan salah satu cara utama tingkatkan kesuburan pria. Mengonsumsi suplemen zinc meningkatkan kadar testosteron dan jumlah sperma pada pria. Suplemen itu juga berfungsi mengurangi penurunan kadar testosteron bagi pria yang melakukan olahraga berat.

6. Ubah gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat dapat merusak kesehatan tubuh termasuk kesuburan. Cara yang dapat dilakukan untuk mengubah gaya hidup di antaranya turunkan berat badan, batasi asupan alkohol atau hilangkan kebiasaan meminum alkohol, konsumsi folat, tidur yang cukup, konsumsi makanan kaya antioksidan, dan konsumsi suplemen yang sesuai dengan kondisi tubuh saat ini.


#Bapakbapak #Ini #Cara #Meningkatkan #Kualitas #Sperma #Agar #Istri #Cepat #Hamil

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts