7 Perawatan Kulit untuk Jaga Kadar Kelembaban

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Jika ingin memiliki kulit yang sehat dan glowing, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kelembabannya. Oleh karenanya, sangat penting untuk menghidrasi kulit.

Read More

banner 300250

Hal ini berkaitan dengan penggunaan produk dan perawatan tertentu. Berikut 7 hal yang bisa dilakukan untuk membuat kulit terhidrasi seperti dilansir Shape.

1. Gunakan produk yang mengandung asam hialuronat

Asam hialuronat (hyaluronic acid) adalah zat yang bisa menghidrasi kulit. Meskipun tubuh bisa menghasilkan asam hialuronat secara alami, tak ada salahnya menggunakan produk perawatan yang mengandung zat ini.

Seorang dokter kulit di New York Marisa Garshick mengatakan, molekul gula alami di dalam asam hialuronat adalah humektan yang bisa menarik air untuk menjaga kelembapan kulit.

“Asam hialuronat bisa membantu hidrasi kulit, menghilangkan garis-garis halus dan kerutan, serta mengatasi masalah di area wajah yang kehilangan volume,” kata Garshick.

Selain itu, asam hialuoronat bisa membantu memperbaiki tanda-tanda penuaan serta memberikan tampilan yang lebih segar pada kulit.

2. Gunakan gliserin

Mirip dengan asam hialuronat, gliserin termasuk humektan serta memiliki sifat ringan dan tidak menyumbat pori-pori. Gliserin biasanya terkandung dalam pelembap dan pembersih wajah.

3. Hati-hati memilih pembersih wajah

Wajah memang harus dibersihkan secara rutin. Tapi bukan berarti bisa menggunakan sembarang sabun atau pembersih.

“Pilihlah produk yang lembut di kulit dan tidak menghilangkan kelembapan alami kulit,” kata  Garshick.

Hindari sabun yang keras dan scrub abrasif. Pilih produk yang mengandung bahan ceramide untuk melindungi kulit dan mencegah hilangnya kelembapan.

Kontroversi Keamanan Scrub Wajah bagi Kulit

4. Hindari sabun batangan yang mengiritasi kulit

Hindari sabun batangan yang keras atau mengiritasi kulit.  Pastikan untuk memilih sabun batang yang mengandung surfaktan lembut dan bahan pelembab

5. Hindari eksfoliasi berlebih

Eksfoliasi atau pengelupasan dapat membuat kulit terlihat cerah karena mengangkat sel kulit mati. Selain itu, kulit juga bisa terasa lembut dan halus.

Tapi eksfoliasi berlebih dapat mengganggu pelindung alami kulit sehingga menyebabkan hilangnya kelembapan dan membuat kulit rentan terhadap iritasi.

6. Jangan mandi air hangat terlalu lama

Mandi air hangat menjadi favorit banyak orang karena bisa membuat tubuh rileks. Bahkan beberapa orang senang berendam air hangat dalam waktu lama.

Tetapi, mandi air hangat yang terlalu lama tidak baik untuk kulit karena membuatnya kering dan sensitif.

Meskipun mandi air panas terasa nyaman, tapi kebiasaan ini dapat mengeringkan kulit dan menghilangkan minyak alami dari kulit,” kata Garshick.

5 Cara Tampil Cantik Tanpa Riasan Wajah

7. Minum air yang cukup

Selain mencegah dehidrasi, minum cukup air dapat menjaga kelembapan kulit. Selain itu, kulit juga bisa terasa elastis karena asam hialuronat menyerap air.

#Perawatan #Kulit #untuk #Jaga #Kadar #Kelembaban

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts