Ragam Manfaat Dedak Padi untuk Kecantikan Kulit

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Mungkin tidak terlalu akrab dengan dedak padi (rice bran). Padahal hasil lapisan luar dari bulir beras ini ternyata punya banyak manfaat, lho.

Read More

banner 300250

Lapisan luar beras atau sekam dapat diekstrak menjadi minyak dedak padi.

Minyak dedak padi biasanya digunakan sebagai dressing pada salad atau untuk memasak. Namun di samping itu, minyak dedak padi juga punya banyak manfaat untuk kulit.

Menurut Healthline, antioksidan dalam minyak dedak padi dapat mendukung kesehatan kulit.

Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 28 hari, para partisipan mengalami perbaikan dalam hal ketebalan kulit lengan bawah, kelembutan kulit dan elastisitas kulit setelah menggunakan gel dan krim yang mengandung ekstrak dedak padi dua kali sehari. 

Meskipun penelitian mengenai minyak dedak padi masih terbatas, beberapa produk pelembap dan produk perawatan kulit memiliki kandungan dedak padi dan dipasarkan kepada mereka yang mencari khasiat kulit tampak lebih muda.

Dilansir NDTV, dedak padi juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral.

Setidaknya ada tiga manfaat yang diberikan minyak dedak padi untuk kulit, di antaranya:

1. Melindungi dari sinar UV
Sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari sangatlah kejam pada kulit kita. Untuk mencegah atau meminimalisasi kerusakan yang ditimbulkan dari sinar UV, kita bisa menggunakan minyak dedak padi.

Cukup aplikasikan dua tetes minyak dedak padi ke kulit wajah dan pijat lembut hingga terserap. Minyak ini mampu melindungi kulit dari polusi dan juga berfungsi sebagai tabir surya alami.

2. Penghapus riasan wajah
Antioksidan alami yang terkandung dalam minyak dedak padi juga bisa membantu membersihkan sisa riasan wajah dan membuat kulit wajah lebih lembut.

Minyak dedak padi adalah sumber vitamin E yang baik yang bisa meresap ke dalam lapisan-lapisan kulit.

3. Mencegah lingkar hitam mata
Minyak dedak beras meningkatkan sirkulasi darah di sekitar area mata, membantu mencegah mata bengkak dan lingkaran hitam. Kadar sterol tinggi di dalamnya mampu membantu mencerahkan kulit bawah mata dan mencegah kemunculan lingkaran hitam.

Instagram @mineralbotanica Perfect Purifying Night Cream.

Mengatasi jerawat dan kulit kusam
Salah satu produk yang menyertakan dedak padi di dalam kandungan produknya adalah Mineral Botanica Perfect Purifying Series.

Dengan memasukkan kandungan utama Rice Bran Oil (minyak dedak padi), Salicylic Acid, Jojoba Oil, Galactomyces dan Allantoin, rangkaian produk ini ditujukan untuk mengatasi kulit kusam, berminyak, mencegah jerawat, sekaligus menghilangkan bekas jerawat.

Rangkaian ini terdiri dari Perfect Purifying Day Cream dan Perfect Purifying Night Cream, dan merupakan penyempurnaan dari rangkaian Mineral Botanica Acne Series.

Dilengkapi dengan UV filter yang mampu melindungi wajah dari radiasi dan sinar matahari, Perfect Purifying Day Cream diharapkan mampu mencegah wajah cepat kusam.

Perfect Purifying Acne Care Series dari Mineral Botanica.Instagram @mineralbotanica Perfect Purifying Acne Care Series dari Mineral Botanica.

Rangkaian ini diharapkan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan pada kulit, terutama pada kulit sensitif dan berjerawat.

“Kami yakin rangkaian dari Perfect Purifying Series ini adalah produk andalan dari Mineral Botanica yang dapat menjawab solusi kulit masyarakat Indonesia mulai dari berjerawat, berminyak dan kusam,” kata Public Relations Mineral Botanica, Lydia Dameria.

Tuntasnya masalah kulit diharapkan mampu membuat pengguna rangkaian Perfect Purifying Series menjadi lebih percaya diri.

#Ragam #Manfaat #Dedak #Padi #untuk #Kecantikan #Kulit

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts