Pemerintah Targetkan Peluncuran Satelit Multifungsi di Kuartal III 2023 Halaman all

  • Whatsapp
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan pemerintah akan meluncurkan satelit multifungsi Satria alias Satelit Indonesia Raya yang ditargetkan selambat-lambatnya pada kuartal III tahun 2023.

Read More

banner 300250

“Setidak-tidaknya selambat-lambatnya pada kuartal III Tahun 2023 kita luncurkan satelit multifungsi atau satelit Satria di orbit,” ujarnya dalam pressconference peluncuran pelatihan digital UMKM, Senin (5/10/2020).

Menurut dia, saat ini infrastruktur internet 4G di Indonesia masih belum bisa diakses hingga ke beberapa titik daerah. Ada 12.548 desa dan kelurahan yang perlu dilengkapi dengan kehadiran sinyal 4G.

 

Untuk itu, kata dia, dengan adanya peluncuran satelit tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan terhubungnya akses jaringan internet.

Selain itu Johny menyebutkan di masa pandemi ini, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo telah menghadirkan akses internet di lebih dari 7.634 titik. Akses tersebut diberikan secara gratis melalui WiFi.

Di orbit sendiri, kata dia, saat ini ada 9 satelit yang digunakan untuk keperluan telekomunikasi Indonesia. Lima di antaranya adalah satelit yang dikelola dan dimiliki oleh Indonesia dan 4 satelit lainnya adalah satelit-satelit yang dimiliki oleh perusahaan global yang disewa sebagai kapasitasnya oleh Kominfo.

 

Jhony bilang agenda kebijakan satelit ini dilakukan selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berkaitan dengan tranformasi digital di Indonesia.

Oleh sebab itu, lanjut dia, agenda perluasan pembangunan infrastruktur ini harus dibarengi dengan kesiapan masyarakat untuk memanfaatkan akses internet secara baik.

“Pemerintah bersama pemangku kepentingan terkait perlu memastikan bahwa internet yang sudah tersedia, digunakan untuk tujuan yang positif, baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini juga mewujudkan ruang digital Indonesia yang sehat dan bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

#Pemerintah #Targetkan #Peluncuran #Satelit #Multifungsi #Kuartal #III #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts