Media China Sebut Jet Tempur Beijing Wajib Terbang di Atas Taiwan

  • Whatsapp
banner 468x60

BEIJING, KOMPAS.com – Media Partai Komunis China, Global Times, menyebut pesawat tempur China “harus terbang di atas pulau Taiwan”.

Read More

banner 300250

Jika Taiwan berani menembakkan senjata kepada pesawat tempur yang terbang di atas Taiwan, itu artinya perang dimulai.

Sebuah artikel yang ditulis Hu Xijin, Pemimpin Redaksi Global Times, tersebut terbit setelah adanya potensi penjualan senjata dari Amerika Serikat ( AS).

Penjualan senjata tersebut diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri AS sebagaimana dilansir dari Newsweek, Selasa (27/10/2020).

Hu menuduh partai berkuasa di Taiwan, Partai Progresif Demokratik (DPP), mempromosikan sentimen anti-China.

Dia juga menuduh bahwa Taiwan bekerja dengan AS untuk “membahayakan kebangkitan China daratan”.

Hu mengutip sanksi Kementerian Luar Negeri China kepada tiga perusahaan asal AS sebagai bukti “tindakan balasan” dari China.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Luar Negeri China menjatuhkan sanksi kepada Lockheed Martin, Boeing Defense, dan Raytheon namun tidak merinci sanksi seperti apa yang dijatuhkan tersebut.

Di bawah ketentuan Undang-undang Hubungan Taiwan, pemerintah AS akan menyediakan senjata yang bersifat pertahanan ke pulau itu, yang dianggap Beijing sebagai provinsi yang memisahkan diri.

Kesepakatan terbaru, yang bernilai sekitar 2,37 miliar dollar AS (Rp 35 triliun), menandakan bahwa pemerintahan Trump telah menyetujui sembilan penjualan senjata ke Taiwan secara total, termasuk empat pada 2020.

Global Times mengatakan Tentara Pembebasan Rakyat ( PLA) sekarang harus menanggapi dengan “mengirimkan sinyal yang jelas kepada otoritas DPP”.

” Jet tempur PLA harus terbang di atas pulau Taiwan untuk mendeklarasikan kedaulatan nasional dan menunjukkan tekad untuk melaksanakan Undang-undang Anti-Pemisahan,” tulis Hu.

Dia menambahkan langkah tegas tersebut perlu dilakukan oleh China daratan dalam upaya untuk mencegah kecenderungan “kemerdekaan Taiwan”.

“China harus dengan jelas memperingatkan otoritas DPP bahwa jika militer Taiwan berani melepaskan tembakan ke pesawat tempur daratan (China) yang terbang di atas Taiwan, itu berarti perang. Dan PLA akan memberikan pukulan telak bagi militer Taiwan,” sambung Hu.

Pihaknya mengklaim bahwa pengiriman jet tempur ke Taiwan adalah keinginan 1,4 miliar rakyat China.

“Kita tidak boleh memanjakan AS dalam menjual senjata ke Taiwan. Mereka harus membayar harga untuk membeli senjata AS, terutama senjata ofensif,” lanjut Hu.

Dia menambahkan upaya mencari bantuan dari AS untuk “pemisahan diri Taiwan” merupakan “jalan buntu”.

Menurutnya, satu-satunya jalan bagi Taipei untuk menjaga perdamaian adalah kembali kepada konsesnus 1992 di bawah kebijakan Satu-China.

#Media #China #Sebut #Jet #Tempur #Beijing #Wajib #Terbang #Atas #Taiwan

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts