Ketua MPR Minta Pemerintah Bantu WNI di Luar Negeri yang Terinfeksi Covid-19 Halaman all

  • Whatsapp
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah membantu proses perawatan dan pengobatan WNI di luar negeri yang terinfeksi Covid-19.

Read More

banner 300250

Hal itu disampaikan Bambang menanggapi terus bertambahnya WNI yang terinfeksi Covid-19 di luar negeri hingga jumlahnya mencapai 1.550 orang.

“Kami minta pemerintah agar terus berupaya untuk memberikan bantuan kepada WNI, terutama yang terdampak kebijakan lockdown dari negara setempat, serta memastikan bantuan tersebut dapat diterima oleh WNI bersangkutan,” ujar Bambang dalam keterangan pers, Senin (6/10/2020).

Ia pun mendorong Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) melalui KBRI dan KJRI meningkatkan koordinasi dengan otoritas pemerintah setempat dalam memastikan jumlah WNI yang terpapar dan yang mendapatkan perawatan serta layanan kesehatan sesuai standar WHO.

Dengan demikian, diharapkan WNI yang terpapar dapat segera pulih dari terinfeksi Covid-19.

Ia juga mengingatkan Kemenlu melalui KBRI dan KJRI di negara setempat untuk terus memperbaharui informasi secara detail jumlah WNI per wilayah negara yang terpapar Covid-19.

Hal itu berguna untuk memudahkan pemantauan perkembangan kondisi kesehatan seluruh WNI di negara tersebut.

Selain itu, hal tersebut merupakan upaya pemerintah memberikan jaminan hak WNI mendapatkan kesehatan dan keselamatan WNI di luar negeri.

“Kami juga mendorong KBRI dan KJRI terus mengingatkan kepada seluruh WNI yang tinggal di negara-negara dengan kondisi penyebaran Covid-19 yang masih tinggi, untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dan patuh terhadap kebijakan yang berlaku di masing-masing negara,” lanjut politisi Golkar itu.

Adapun, menurut data Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), per 3 Oktober 2020 pukul 08.00 WIB, WNI yang terkonfirmasi Covid-19 tersebar di 58 negara dan 1 klaster kapal pesiar.

Adapun, totalnya ada 1.550 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sebanyak 1.116 orang di antaranya sembuh, 122 orang meninggal, dan 312 orang dalam perawatan.

Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah, mengatakan data tersebut sudah termasuk penambahan terbaru.

“Betul, itu (1.550 orang) sudah jumlah total,” ujarnya pada Kompas.com, Sabtu (3/10/2020).

#Ketua #MPR #Minta #Pemerintah #Bantu #WNI #Luar #Negeri #yang #Terinfeksi #Covid19 #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts