Kenapa Oven Wajib Dipanaskan Sebelum Panggang Kue? Halaman all

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Sejumlah resep mengharuskan oven dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Read More

banner 300250

 

Hal ini mempunyai tujuan tertentu yang memengaruhi hasil makanan yang dipanggang dan oven itu sendiri. Mulai dari roti dan kue yang membutuhkan paparan panas dengan segera sampai menstabilkan suhu oven.

Berikut selengkapnya, alasan kenapa oven harus dipanaskan sebelum memanggang makanan.

1. Beberapa hidangan butuh suhu panas segera

Melansir The Guardian, beberapa hidangan seperti roti dan kue membutuhkan paparan panas segera. Tujuannya untuk membuat roti dan kue cepat matang.

Hal yang sama juga berlaku untuk daging mentah yang akan dipanggang. Daging yang dipanggang membutuhkan sedikit paparan suhu tinggi untuk memulai karamelisasi dan reaksi maillard cukup banyak.

Jadi, daging tidak perlu ditaruh lama dalam oven. Sehingga dapat menghasilkan daging yang matang tetapi tampilan luarnya tidak gosong.

2. Mencegah bahan makanan cepat gosong

Beberapa bahan makanan termasuk mudah terbakar atau gosong. Namun, hal ini dapat dihindari jika oven sudah dipanaskan dahulu.

Dengan memanaskan oven terlebih dahulu, hasil makanan akan matang dengan cepat dengan warna yang bagus tanpa gosong.

3. Membuat roti mengembang

SHUTTERSTOCK/DENISPRODUCTION.COM Ilustrasi roti mengembang ketika dipanggang.

Suhu panas oven mampu mengembangkan adonan roti. Ketika adonan roti difermentasi dengan ragi, akan terbentuk kerangka gluten akibat gas karbon dioksida yang dilepaskan oleh ragi.

Selama memanggang, panas oven akan memberikan dorongan terakhir kepada ragi untuk membentuk kerangka roti sebelum akhirnya ragi mati.

Faktor vital lainnya dalam memanggang roti adalah uap. Uap dari panas oven dapat menunda pembentukan kerak.

Hal ini memungkinkan roti mencapai volume penuhnya dengan menjaga bagian luar tetap lembut dan lentur. Sementara bagian tengah mengembang dan matang.

Uap tersebut tidak akan didapatkan dari oven yang dingin. Itulah sebabnya oven harus dipanaskan sebelum memasukkan adonan roti.

Ilustrasi orang sedang mengambil roti usai dipanggang. SHUTTERSTOCK/ROSSHELEN Ilustrasi orang sedang mengambil roti usai dipanggang.

4. Hemat waktu dan energi ekstra

Suhu panas tinggi yang didapat sejak oven mulai dipanaskan, mampu menghemat waktu memasak. Panas yang sudah tersedia dapat segera mematangkan makanan.

Memanaskan oven juga dapat menghemat energi ekstra, karena kita bisa memanaskan oven sembari mempersiapkan adonan.

5. Menstabilkan suhu oven

Melansir Bake Club, setelah mencapai suhu yang diinginkan, oven memerlukan sedikit waktu untuk mencapai ke suhu berikutnya.

Sering pula angka suhu yang ditunjukan akan sedikit lebih tinggi atau lebih rendah daripada suhu yang sebenarnya.

Semakin lama oven dipanaskan akan semakin kecil fluktuasi suhu. Hal ini akan membuat suhu untuk memanggang lebih stabil dan akurat, sehingga makanan bisa matang sesuai dengan yang diinginkan.

#Kenapa #Oven #Wajib #Dipanaskan #Sebelum #Panggang #Kue #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts