Ini Sepeda Raksasa yang Dibuat Khusus Untuk Shaquille O’Neal

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Di saat Terry Lacy, COO brand sepeda Thomson Bike Products pindah ke lingkungan rumah di mana legenda NBA Shaquille O’Neal tinggal di Atlanta, AS, Lacy menyadari sesuatu yang unik.

Read More

banner 300250

Dia melihat Shaq –julukan O’Neal– yang memiliki tinggi sekitar 2,1 meter sedang mengendarai sepeda.

Namun, sepeda yang dipakai oleh Shaq dianggap Lacy kurang layak karena terlalu kecil. Lacy pun punya ide untuk membuat sepeda yang lebih cocok dikendarai Shaq.

“Kami melakukan pendekatan yang menarik dalam pembuatan sepeda untuk Shaq,” kata Manajer Produk Thomson Bike, Mike Christensen.

“Dia mungkin tidak akan bersepeda enduro, tapi sepeda itu harus kuat. Kami ingin membuat sesuatu yang terlihat agresif namun memberi posisi berkendara yang lebih nyaman untuknya, dan itu sesuai permintaannya.”

Christensen mengawasi proses pembuatan sepeda yang dinamai “The Thomson beast” itu secara langsung.

Dia merancang rangka dan desain komponen sepeda, baik komponen dalam maupun luar.

Christensen juga memasukkan segala hal yang dia ketahui tentang Shaq, seperti tinggi badan, dan ukuran sepatu yang dipakai legenda NBA itu.

Dari situ, Christensen menciptakan bingkai titanium berukuran “XXL” dengan tabung ekstra tebal.

“Ketika kami menggambar sepeda ini di atas kertas dan membayangkan ketinggiannya mencapai satu meter, kami sempat bertanya-tanya, benarkah ini?” ujar dia.

Sepeda custom The Thomson Beast juga memiliki jarak sumbu roda lebih dari 1400mm, dan tabung atas 75,9 cm.

Usai menyelesaikan desain rangka, Christensen memberikan spesifikasi dasar sepeda kepada perusahaan yang memproduksi komponen yang tidak dapat dibuat oleh Thomson Bike.

“Salah satu parameter utama untuk setang kemudi (handlebar) adalah memiliki grip dengan diameter 31,8 mm, karena ukuran tangan Shaq sangat besar,” kata Christensen.

“Jika kita memberikan handlebar sepeda gunung standar untuk Shaq, itu sama seperti Anda atau saya memegang pensil dan mencoba mengendalikan sepeda.”

thompson bike sepeda Shaquille ONeal

Untuk memasang tuas gear dan tuas rem ke handlebar berukuran besar, para staf di Oddity Cycles menggunakan dua tabung dengan ketebalan standar.

Hal itu dimaksudkan untuk membantu menjaga handlebar tetap kaku, sekaligus menyesuaikan penempatan lever mount (tuas dudukan handlebar).

Di bagian rim, sepeda The Thomson Beast tidak menggunakan velg custom.

Christensen –yang biasa mengendarai sepeda roda satu untuk menghibur putrinya, sadar jika Thomson Bike dapat menemukan velg berukuran 36 inci, karena sepeda roda satu miliknya juga mempunyai ukuran velg yang sama.

“Jika kami mendapatkan dua velg berukuran besar untuk sepeda ini, kondisi velg harus dalam keadaan baik,” katanya.

Begitu mereka memperoleh dua velg 36 inci, staf yang mengerjakan bagian roda sepeda custom ini mencari seseorang yang memiliki mesin jari-jari untuk menyesuaikan jari-jari dengan velg.

Merancang garpu atau suspensi depan adalah salah satu bagian tersulit. Suspensi depan menggunakan dual crown cro-moly 38 mm dengan panjang 490 mm serta jarak sumbu roda 15 x 150 mm.

Industry Nine, penyedia wheelset untuk mountain bike di North Carolina, AS, menciptakan hub atau sambungan kustom 150 mm untuk menyesuaikan velg 36 dan lebar garpu.

Menciptakan crankset (sistem penggerak sepeda) berukuran 220 mm, kata Christensen, adalah sebuah tantangan.

Sebab, mereka harus menempa ukuran dan bentuk yang tepat sehingga crankset bisa bekerja dengan baik.

“Di saat kita melakukan custom, selalu banyak hal menyenangkan,” ucap dia.

Dan hasilnya, Shaq pun mendapat sepeda yang sesuai dengan ukuran tubuhnya.


#Ini #Sepeda #Raksasa #yang #Dibuat #Khusus #Untuk #Shaquille #ONeal

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts