Ini Makna Logo Baru KAI yang Diluncurkan Saat HUT ke-75 Halaman all

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengubah logonya pada Senin (28/9/2020) bertepatan dengan hari ulang tahunnya ke-75.

Read More

banner 300250

Berdasarkan informasi yang diunggah melalui akun Facebook resminya, Sabtu (3/10/2020), disebutkan bahwa perubahan logo dilakukan guna mengikuti perkembangan zaman dan agar tetap relevan.

“Melalui logo baru ini, diharapkan memberikan spirit baru bagi Kereta Api Indonesia untuk mewujudkan visi berlandaskan pada nilai-nilai utama yang baru yaitu AKHLAK: Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” seperti yang tertera dalam unggahan tersebut.

Logo kelima PT KAI merupakan tulisan KAI berwarna biru tua dan oranye dengan sebuah garis pada huruf A.

dok. Facebook KAI121 Logo PT KAI.

Garis pada huruf tersebut merupakan bentuk rel kereta yang digambarkan dengan garis menyambung ke atas pada huruf A.

Garis tersebut memiliki makna harapan PT KAI untuk terus maju dan menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik yang terintegrasi, terpercaya, bersinergi, dan kelak dapat menghubungkan Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Sementara penggunaan italic pada huruf A menggambarkan karakter perusahaan yakni progresif, berpikiran terbuka, dan tepercaya.

Makna dibalik pemilihan warna

Huruf A pada logo baru PT KAI menggunakan warna oranye. Warna tersebut menunjukkan antusiasme, kreativitas, tekad, kesuksesan, dan kebahagiaan.

Sementara warna biru tua pada huruf K dan I dianggap menunjukkan stabilitas, profesionalisme, amanah, dan kepercayaan diri.

“Perbedaan warna pada huruf diharapkan dapat mencerminkan hubungan yang harmonis dan kompeten antara KAI dan seluruh pemangku kepentingan,” lanjut keterangan pada unggahan tersebut.

Logo PT KAI.dok. Facebook KAI121 Logo PT KAI.

Sejauh ini, PT KAI telah melakukan perubahan logo sebanyak lima kali. Logo pertama merupakan sayap kembar berwarna hijau tua yang digunakan pada 1953–1988.

Sementara logo kedua adalah segilima berwarna biru tua yang memiliki huruf KA, akronim Kereta Api yang dibentuk dari roda boogie kereta api. Logo digunakan pada 1988–1990.

Logo ketiga digunakan pada 1991–2011. Logo tersebut merupakan jajar genjang berwarna oranye yang memiliki siluet kereta cepat berujung runcing. Di bawah logo ada tulisan “KERETAPI”.

Untuk logo keempat, logo tersebut merupakan karya Farid Stevy Asta yang memenangkan kontes logo terbuka. Logo dengan gambar anak panah tersebut digunakan pada 2011–2020.

#Ini #Makna #Logo #Baru #KAI #yang #Diluncurkan #Saat #HUT #ke75 #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts