Dirumorkan Kembali Dukung Anwar Ibrahim, Mahathir Mohamad Beri Jawaban

  • Whatsapp
banner 468x60

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com – Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menjawab rumor bahwa dia kembali mendukung mantan sekutunya Anwar Ibrahim.

Read More

banner 300250

Melalui video yang diunggahnya, Mahathir menegaskan dia tak mendukung siapa pun untuk berupaya menggulingkan PM Muhyiddin Yassin.

Dalam videonya, mantan PM Malaysia berjuluk Dr M itu menyatakan tidak memberikan restu maupun dukungan kepada siapa pun menjadi orang nomor satu “Negeri Jiran”.

“Saya sendiri bagian dari partai baru, Pejuang, yang tak berasosiasi dengan partai atau individu dalam menyokong ambisi mereka,” tegasnya.

Ucapannya itu merespons audiensi yang dilakukan Anwar Ibrahim kepada Raja Malaysia Sultan Abdullah pada Selasa siang waktu setempat (13/10/2020), dikutip Free Malaysia Today.

Dia bertemu Sultan Abdullah setelah pada September lalu, dia mengaku sudah mendapatkan mayoritas untuk membentuk pemerintahan baru.

Dalam konferensi pers usai pertemuan, Anwar menuturkan raja bakal memelajari dokumennya dan memanggil para pemimpin partai politik.

Namun berdasarkan versi Istana Negara, Anwar hanya memberikan jumlah orang yang mendukungnya, namun tidak dengan daftar namanya.

Adapun Mahathir Mohamad dan Anwar sempat bekerja sama melalui koalisi Pakatan Harapan yang memenangkan pemilu Malaysia 2018 lalu.

Saat itu, politisi berusia 95 tahun tersebut berjanji bakal memberikan Anwar jabatan PM Malaysia setelah dua tahun menjabat.

Tetapi pada Februari tahun ini, hubungan keduanya merenggang karena Mahathir tiba-tiba mengundurkan diri dari jabatannya.

Imbasnya adalah “Negeri Jiran” mengalami krisis politik selama sepakan, yang disudahi ketika Sultan Abdullah melantik Muhyiddin Yassin.

Setelah itu, Mahathir kemudian mulai menyerang Anwar dengan menyatakan pemimpin oposisi Malaysia itu adalah sosok yang tidak sabaran.

Adapun Anwar Ibrahim mengatakan bahwa mentor politiknya itu merupakan sosok yang titdak bisa dipercaya, di mana Partai Keadilan Rakyat yang dipimpinnya juga menolak pencalonan Dr M.

Mahathir sendiri kembali ke jalur politik dengan mendirikan Partai Pejuang setelah didepak kendaraan politiknya, Partai Bersatu.

#Dirumorkan #Kembali #Dukung #Anwar #Ibrahim #Mahathir #Mohamad #Beri #Jawaban

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts