Diklaim Aman, Vaksin Corona CNBG China Ditawarkan Gratis bagi Pelajar

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Vaksin potensial yang sedang dikembangkan China National Biotech Group (CNBG) unit Institut Produk Biologi Beijing diklaim terbukti aman serta memicu respons kekebalan dalam uji gabungan tahap awal dan menengah pada manusia.

Read More

banner 300250

Dilansir Clinical Trials, vaksin yang dijuluki BBIBP-CorV itu telah disetujui untuk program inokulasi darurat di China yang menargetkan pekerja dan orang berisiko tinggi terpapar Covid-19.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), BBIBP-CorV merupakan satu dari setidaknya sepuluh program vaksin virus corona yang berkembang ke uji coba fase III di seluruh dunia, dengan empat di antaranya dipimpin oleh para ilmuwan .

Peningkatan dosis, perlakuan acak, terkontrol plasebo, uji coba fase I/II dari BBIBP-CorV melibatkan lebih dari 600 perserta sehat berusia 18-80 tahun. Uji coba vaksin Covid-19 dilakukan pada 29 April-30 Juli di China.

Data dari uji coba menunjukkan, dua suntikan dengan tiga dosis berbeda diklaim terbukti aman dan dapat ditoleransi dengan baik pada semua peserta.

Sepanjang percobaan, respons imun humoral yang kuat diamati pada semua penerima vaksin.

Pada peserta berusia 60 tahun ke atas, tingkat antibodi lebih rendah dan membutuhkan waktu lebih lama untuk meningkat secara signifikan dibandingkan penerima vaksin yang lebih muda.

Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan The Lancet, hasilnya tidak membuktikan vaksin manjur.

Tak ada efek samping yang parah diamati, tapi muncul efek samping ringan atau sedang yang umum seperti demam dan nyeri di tempat suntikan.

Studi mengklaim tak ada perubahan penting dalam subset limfosit atau sitokin. Sementara itu, uji coba fase III BBIBP-CorV tengah berlangsung di luar China.

Selain studi ini, unit CNBG milik China National Pharmaeutical Group (Sinopharm) memiliki kandidat serupa, yaitu dalam uji coba tahap III di luar China dan digunakan secara darurat di negara tersebut.

Kandidat yang diteliti ini menginduksi antibodi tanpa mengembangkan efek samping yang serius dalam uji coba tahap awal dan pertengahan.

Ditawarkan gratis untuk pelajar

Sementara itu, mengutip VOA, vaksin Covid-19 buatan CNBG ini ditawarkan gratis kepada pelajar China yang belajar di luar negeri.

Melalui survei online, sebanyak lebih dari 168.000 orang pelajar mendaftar untuk menerima vaksin, sebanyak 91.000 di antaranya sedang dipertimbangkan.

Situs Star Market Daily melaporkan, siapa pun dapat mendaftar di halaman website CNBG untuk menerima vaksin, sedangkan siswa yang berencana untuk belajar di luar China akan mendapat prioritas.

“Saat ini, sepertinya mahasiswa China yang pergi ke luar negeri memiliki keinginan kuat untuk mengambil vaksin,” kata seorang karyawan CNBG seperti dikutip surat kabar milik negara, The Paper, berdasarkan hasil survei pada September.

Namun, laporan terpisah Health Times yang mengutip sumber yang tak disebut dari perusahaan, menyangkal siapa pun dapat mendaftar untuk menerima vaksin di Beijing atau Wuhan.

 

Sebagai informasi, Kementerian Pendidikan China mencatat lebih dari 600.000 orang pelajarnya belajar di luar negeri sebelum pandemi virus corona.

Pelajar tersebut merupakan sebagian besar berada di Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan beberapa negara lain. 

#Diklaim #Aman #Vaksin #Corona #CNBG #China #Ditawarkan #Gratis #bagi #Pelajar

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts