Cara Print Dokumen Bolak-balik di Microsoft Word

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Mencetak dokumen dengan cara bolak balik di kedua sisi kertas (duplex) layaknya buku, memiliki keuntungan tersendiri. Dengan cara tersebut pengguna bisa menghemat kertas yang digunakan untuk mencetak.

Read More

banner 300250

Untuk mencetak dokumen secara bolak-balik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan baik secara manual maupun otomatis.

Cara manual dilakukan jika printer yang digunakan memang belum mendukung percetakan duplex. Jika printer sudah mendukung pencetakan duplex, maka prosesnya lebih mudah.

Dokumen yang dicetak pun bisa berbagai macam format. Bisa berupa PDF, Excel, atau Word. Khusus untuk dokumen dalam bentuk PDF, untuk mencetak secara bolak-balik biasanya membutuhkan software khusus dan caranya berbeda-beda setiap printer.

Sementara mencetak bolak-balik dalam format Microsoft Word, caranya lebih mudah.   

Sebelum mulai mencetak, ada baiknya pengguna memeriksa terlebih dahulu apakah printer yang digunakan sudah mendukung pencetakan bolak-balik otomatis atau tidak.

Caranya mudah, pengguna cukup memilih opsi “File” pada dokumen yang akan dicetak. Kemudian pilih ” Print”. Di opsi “setting”, pilih ” print one sided”. 

Nah, terdapat pilihan “Print both sided”, tandanya printer Anda sudah mendukung pencetakan bolak-balik secara otomatis. Melalui menu tersebut pengguna bisa langsung mencetak dokumen yang dikehendaki.

Lantas bagaimana caranya jika printer yang digunakan belum memiliki kemampuan tersebut? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Cara mencetak bolak-balik manual

Cara ini bisa dilakukan untuk mencetak dokumen dari Microsoft Word. Pertama-tama buka tab “File” yang berada di pojok kiri atas.

Microsoft Cara mencetak dokumen duplex secara manual

Kemudian pilih opsi “Print”. Selanjutnya, di bawah Pengaturan, klik pilihan “Manually Print on Both Sides” untuk mencetak secara manual di kedua sisi kertas.

Saat Anda mencetak dokumen, Word akan memberikan peringatan untuk membalik tumpukan kertas dan memasukkan kembali kertas tersebut ke dalam printer

Cara mencetak halaman ganjil dan genap secara terpisah

Cara lain adalah dengan mencetak halaman bernomor ganjil dan genap secara terpisah. 

Pertama klik “File” kemudian klik opsi “Print”. Di bawah opsi “Setting”, piihlah opsi “Print all pages”. Pada bagian bawah terdapat opsi “Only Print Odd Pages”. Pilih opsi tersebut.

Nantinya printer akan mencetak halaman bernomor ganjil terlebih dahulu. Jika selesai, masukkan kembali kertas sesuai urutan.

Kemudian ulangi tahapan di atas dan pilih opsi “Only Print Even Pages untuk mencetak halaman genap.

Dirangkum KompasTekno dari halaman resmi Microsoft, Senin (12/10/2020) sebagai catatan, untuk memastikan urutan yang dicetak benar, pengguna harus memeriksa pengaturan dengan memilih tab “File” kemudian pilih “Options” dan “Advance”.

Di bagian bawah tulisan “Print”, pilihlah opsi “Print on front of the sheet for duplex printing” atau “Print on back of the sheet for duplex printing”.

Mudah bukan? Selamat mencoba!

#Cara #Print #Dokumen #Bolakbalik #Microsoft #Word

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts