Cara Mudah Menghubungkan Laptop ke Televisi

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Semenjak pandemi Covid-19, bioskop dan pusat hiburan ditutup sementara. Para pencinta film pun kini lebih banyak menonton film lewat aplikasi OTT seperti Netflix, DisneyPlus, VIU, dll.

Read More

banner 300250

Menonton film bisa dilakukan melalui ponsel dan laptop. Namun, banyak orang yang lebih memilih menonton di televisi karena memang lebih puas dengan layar yang lebih lebar dan luas.

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menyambungkan laptop ke televisi. Untuk menyambungkan perangkat ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Menggunakan kabel HDMI

Saat ini hampir sebagian besar televisi telah memiliki port HDMI. HDMI inilah yang dapat digunakan untuk menghubungkan laptop ke TV.

Sebelumnya menyambungkan kabel HDMI ke televisi, pengguna perlu memastikan bahwa laptop yang digunakan juga memiliki port HDMI. Sebab, beberapa laptop “jadul” hanya memiliki port VGA.

Kemudian sambungkan kabel HDMI dari laptop ke port yang ada di televisi.

Setelah itu Anda bisa mengatur sumber input pada televisi Anda. Biasanya, tersedia beberapa pilihan seperti antena, kabel RCS, dan HDMI. Pilih opsi “HDMI”.  

Secara otomatis, maka layar laptop akan muncul di layar TV. Anda juga dapat mengatur resolusi agar sesuai dengan televisi Anda.

2. Menggunakan kabel VGA

Jika Anda memiliki laptop jadul dan tidak memiliki port HDMI, Anda bisa menggunakan port VGA yang tersedia.

Namun, perlu diingat, kabel ini hanya mampu menghubungkan video. Berbeda dengan HDMI yang bisa sekaligus menghubungkan audio. 

Dengan kata lain, meski tersambung dengan televisi, suara yang keluar akan tetap berasal dari laptop.

Untuk menggunakan VGA tidak jauh beda dengan menyambungkannya dengan menggunakan HDMI.

Anda harus menyalakan TV dan laptop terlebih dahulu kemudian sambungkan TV dan laptop menggunakan kabel VGA

Langkah selanjutnya, tekan tombol input di televisi dan pilih opsi PC atau RGB dari daftar. Untuk mengatur melalui laptop, Anda bisa membuka opsi Setting, pilih Sistem,  kemudian Tampilan dan pilihlah “opsi TV”.

3. Menggunakan USB-C

Jika laptop dan televisi Anda sama-sama memiliki port USB-C, Anda bisa memanfaatkan port ini. Anda bisa langsung menyambungkannya ke TV secara langsung dengan kabel USB-C.

Caranya pun mudah, cukup sambungkan saja port USB-C laptop dan televisi dengan kabel, hubungkan kedua perangkat dan pilih input yang benar di TV.

Namun, sayangnya, tidak semua port USB-C bisa membawa sinyal video, jadi pastikan untuk memeriksanya terlebih dahulu.

Nah, jika tidak ada port USB-C di televisi, pengguna harus menggunakan adapter tambahan. Dengan demikian, USB-C dari laptop bisa dikonversikan menjadi HDMI.

4. Menggunakan Google Chromecast

Apabila Anda tidak ingin berurusan dengan kabel, Anda bisa menggunakan Google Chromecast.

Google Chromecast memang lebih mahal ketimbang kabel HDMI, namun, perangkat ini akan memudahkan pengguna untuk melakukan streaming ke televisi. 

Apabila Anda sudah memiliki Chromecast Anda bisa memasang Chromecast ke port HDMI di televisi.

Kemudian unduh aplikasi Google Home di ponsel, dan pilih opsi Start. Anda kemudian akan diminta untuk mengonfirmasi Akun Google mana yang ingin Anda gunakan untuk Chromecast.

Kemudian izinkan perangkat Android Anda untuk menggunakan layanan lokasi dan akses agar bisa menemukan Chromecast Anda.

Aplikasi akan memindai area tersebut untuk menemukan Chromecast Anda.

Kemudian Google Home akan melakukan verifikasi penyambungan dengan Chromecast pada TV dengan menampilkan kode unik.

Dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Minggu (18/10/2020), setelah semuanya selesai diatur, Anda bisa membuka aplikasi browser Chrome di laptop kemudian klik ikon menu (tiga titik vertikal) di pojok kanan atas, dan pilih opsi “Cast”. Kemudian pilih konten yang ingin ditayangkan melalui menu “Sources”

#Cara #Mudah #Menghubungkan #Laptop #Televisi

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts