Cara Mudah Bersih-bersih RAM di Ponsel Android dan iPhone

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Setiap smartphone memiliki, komponen bernama Random Access Memory ( RAM) di dalamnya. Komponen RAM itulah yang bekerja lebih keras ketika smartphone membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Read More

banner 300250

Semakin banyak aplikasi yang dibuka, maka performa akan semakin lambat. Agar performa ponsel kembali seperti semula, salah satu cara yang dapat dilakukan pengguna adalah dengan membersihkan atau mengosongkan memori RAM. Cara membersihkannya pun cukup mudah.

Berikut beberapa cara mudah untuk membersihkan RAM pada ponsel Android dan iPhone.

Cara membersihkan RAM di ponsel Android

Pertama-tama, pengguna bisa mengecek barapa banyak RAM yang sudah terpakai di ponsel dan aplikasi apa yang paling banyak memakan RAM.

Caranya, buka pengaturan di ponsel, kemudian cari menu “Memori”. Di sana, pengguna akan menampilkan detail dasar tentang penggunaan RAM di ponsel Anda.

Atau Anda juga bisa langsung menulis kata kunci “Memori” di kolom pencarian dalam menu pengaturan agar bisa langsung menuju menu RAM.

1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Setelah melihat daftar aplikasi yang rakus RAM, pengguna bisa menentukan apakah akan menghapus aplikasi tersebut atau tidak.

Menghapus aplikasi yang tidak digunakan akan membantu meningkatkan jumlah ruang kosong yang dimiliki ponsel.

Untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan lagi, Anda bisa membuka “Setting” kemudian pilih “Apps” atau “Application Manager”.

Ketuk aplikasi tersebut dan ketuk “Uninstall” untuk menghapusnya. Perlu diingat, ada sejumlah aplikasi yang tidak bisa dihapus dari ponsel.

Jika demikian, maka pengguna bisa menghentikan aplikasi tersebut secara paksa dengan memilih menu “disable”.

2. Gunakan alternatif aplikasi yang tidak rakus RAM

Jika ada aplikasi di ponsel Anda yang menghabiskan banyak sumber daya, Anda bisa mencari beberapa alternatifnya.

Misalnya, alih-alih menggunakan aplikasi Facebook, Anda bisa menghapus aplikasi tersebut dan menggantinya dengan membuka situs web Facebook, saat diperlukan.

Pengguna mungkin akan kehilangan sejumlah fitur, namun, hal tersebut bisa menghemat banyak ruang RAM dan baterai pada ponsel.

3. Perbarui sistem operasi/software ponsel 

Biasanya, ponsel akan mendapatkan sejumlah pembaruan sistem untuk perangkat secara berkala. Menjaga perangkat lunak perangkat agar tetap up-to-date juga bisa menjaga kinerja ponsel agar tetap prima.

Biasnya saran pembaruan sistem akan tiba-tiba muncul seperti pop -up di ponsel Anda.

Apabila tidak, Anda bisa membukanya secara manual. Bukalah menu “Setting”, kemudian gulirkan ke bawah menu dan pilih “system updates”.

Ketuk “Check for Updates” dan instal pembaruan yang tersedia. Proses pembaruan biasanya membutuhkan waktu beberapa menit bergantung kecepatan internet yang digunakan.

4. Hindari pemakaian aplikasi “pembersih RAM”

Ada banyak aplikasi di Google Play Store yang mengklaim bisa membersihkan RAM dengan cepat. Namun, tidak semua aplikasi ini bisa berjalan dengan baik dan tak jarang malah membebani RAM.

Cara membersihkan RAM di iPhone

iPhone tidak memiliki cara built-in untuk memeriksa jumlah RAM yang digunakan di ponselnya. Hal ini juga tidak dimaksudkan agar bisa dilihat oleh pengguna.

Jika Anda ingin memantau penggunaan RAM, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Salah satu aplikasi paling populer adalah “System Status”. Selain itu, Anda bisa membersihkan RAM usage di Apple dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Restart iPhone secara berkala

Melakukan restart pada iPhone secara berkala bisa membuat ponsel menjadi lebih segar. Sebab dengan mematikan iPhone, semua aplikasi yang berjalan akan dihentikan dan RAM akan lebih lega.

Pengguna bisa melakukan restart secara berkala misalnya, dua hari sekali atau sekali setiap hari. 

Caranya mudah, Anda bisa langsung menekan atau menahan tombol power. Kemudian geser menu yang dengan jari Anda, maka iPhone akan melakukan mati.

Setelah sepuluh detik kemudian Anda bisa lagi menyalakan iPhone Anda kembali.

2. Membersihkan RAM lewat tombol power

Ada trik tersembunyi. Pengguna iPhone bisa membersihkan RAM melalui tombol power, namun, trik ini bekerja pada iPhone yang masih memiliki tombol “home” fisik.

Caranya, tekan dan tahan tombol daya hingga slider muncul. Pastikan iPhone Anda tidak terkunci. Kemudian, tekan dan tahan tombol Home selama lima detik saat slider power muncul.

Cara sederhana ini, akan membersihkan RAM dan menutup semua aplikasi yang digunakan.

3. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Sama halnya dengan Android, Anda akan mendapatkan ponsel dengan kinerja yang lebih baik apabila menghapus beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan lagi.

Tindakan ini akan membebaskan ruang penyimpanan dan RAM yang biasanya tetap digunakan aplikasi di backgorund.

Caranya cukup mudah, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus di ponsel, kemudian tekan dan tahan ikon aplikasi hingga muncul tombol “x”. Kemudian tombol tersebut untuk menghapusnya.

4. Matikan beberapa efek

Beberapa efek dan transisi menu di iOS dapat membuat kinerja iPhone model lama lebih lambat. Anda bisa menonaktifkan ini untuk membantu meningkatkan kinerja iPhone.

Caranya mudah, cukup buka Pengaturan dan pilih “general”, dan tap “Aksesibilitas”. Kemudian 
ketuk “Reduce Motion”, lalu aktifkan.

Dirangkum KompasTekno dari Wikihow, Senin (26/10/2020) selanjutnya, kembali ke menu “Aksesibilitas” dan pilih “Increase Contrast”. Selanjutnya ketuk toggle “Reduce Transparency”.

 

#Cara #Mudah #Bersihbersih #RAM #Ponsel #Android #dan #iPhone

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts