Bio Farma Siap Produksi Vaksin COVID-19 Sinovac 16-17 Juta Dosis Per Bulan

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta

Read More

banner 300250

Bio Farma saat ini tengah melakukan uji klinis tahap 3 vaksin virus Corona COVID-19 buatan Sinovac. Nantinya vaksin ini akan diproduksi secara bertahap di Indonesia.

Corporate Secretary Bio Farma, Bambang Heriyanto, mengatakan Sinovac telah memberikan komitmen kepada Indonesia untuk menyediakan 260 juta dosis vaksin dan akan dikirim secara bertahap.

Bambang optimis, dengan kemampuan kapasitas produksi 250 juta dosis vaksin COVID-19 per tahun, ia yakin Bio Farma dapat memproduksi 16-17 juta dosis vaksin COVID-19 per bulan.

“Sekitar 16-17 juta dosis per bulan yang bisa kita produksi, tapi ini juga tergantung dari ketersediaan atau supply dari Sinovac itu sendiri,” ucap Bambang dalam siaran pers di YouTube BNPB, Senin (19/10/2020).

Meski produksi vaksin COVID-19 baru bisa dilakukan setelah mendapatkan izin dari Badan Pengawas dan Makanan (BPOM), Bambang menjelaskan bahwa sejumlah persiapan produksi bisa dilakukan sedari awal. Misalnya, persiapan untuk memastikan mutu, keamanan, dan efikasi atau kemanjuran vaksin.

“Persiapan-persiapan mungkin bisa kita lakukan dari awal, dari November dan Desember vaksin sudah kita coba datangkan, karena di sana akan ada uji-uji dulu sebelum dilakukan produksi, ada stability dan quality control, karena semua ini harus dilakukan secara hati-hati untuk menjaga mutu, keamanan maupun efikasi dari vaksinnya,” jelasnya.


#Bio #Farma #Siap #Produksi #Vaksin #COVID19 #Sinovac #Juta #Dosis #Bulan

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts