Beasiswa LPDP Segera Dibuka, Siapkan Beberapa Hal Ini Halaman all

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Setelah mengalami penundaan, akhirnya Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kembali membuka pendaftaran beasiswa untuk masyarakat Indonesia.

Read More

banner 300250

Pada Kamis (30/9/2020), LPDP menginformasikan bahwa pihaknya akan membuka regristasi online untuk pelamar beasiswa mulai 6 Oktober 2020.

“Penantian panjangmu akhirnya terbayarkan sebentar lagi. Persiapkan diri yang terbaik karena sebentar lagi pendaftaran beasiswa LPDP akan kembali dibuka,” tulis LPDP di akun Instagramnya.

Pasalnya, seleksi beasiswa LPDP seharusnya sudah dibuka sejak Maret 2020, tetapi mengalami penundaan akibat pandemi Covid-19.

Dalam merencanakan ulang, LPDP pun menyesuaikan beberapa aspek dalam program beasiswanya.

Namun, mereka tetap menaruh perhatian pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang tidak boleh berhenti demi kemajuan bangsa.

Satuan kerja yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan ini mengatakan bahwa mereka berupaya untuk membuka beasiswa, tetapi meminimalisir risiko penyebaran COVID-19.

“Maka LPDP membuka dua jenis layanan beasiswa berikut, yaitu beasiswa pendidik dan beasiswa perguruan tinggi utama dunia,” tulis LPDP.

Dua jenis beasiswa

Kedua beasiswa yang ditawarkan LPDP memiliki ketentuan yang berbeda. Berikut ini merupakan kententuan dari penerima beasiswa pendidik.

  1. Untuk gelar magister (S2), pelamar merupakan guru tetap pada sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud).
  2. Untuk gelar doctoral (S3), pelamar merupakan dosen tetap pada perguruan tinggi di bawah Kemendikbud dan Kementerian Agama.

LPDP memberikan beasiswa pendidikan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas guru serta dosen sesuai dengan kebutuhan strategis Indonesia.

Sementara itu, berikut ini merupakan ketentuan untuk penerima beasiswa PT Utama Dunia untuk jenjang pendidikan S2 dan S3.

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Punya Letter of Admission Acceptance Unconditional dari Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia.

Persiapan pelamar

Meski tahun ini LPDP belum memberikan syarat umum kepada pelamar beasiswa. Akan tetapi, pelamar bisa mempersiapkan diri dengan melihat kembali syarat umum bagi penerima beasiswa LPDP 2019.

Berikut ini merupakan daftar syarat umum penerima beasiswa LPDP 2019 sebagai alternatif acuan persiapan.

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Lulus program D4/S1 atau S2 dari perguruan tinggi terakreditasi.
  3. Tidak sedang menempuh studi degree/non-degree S2 atau S3.
  4. Pelamar beasiswa yang sedang bekerja dapat melampirkan surat izin mengikuti seleksi bagian SDM.
  5. Surat Keterangan Sehat Jasmani, Bebas Narkoba, dan Bebas dari TBC (masa berlaku 6 bulan).
  6. Surat Rekomendasi dari pimpinan, tokoh atau pakar di bidangnya.
  7. Pilih program studi dan perguruan tinggi tujuan (sesuai ketentuan LPDP).
  8. Beasiswa hanya untuk kelas regular.
  9. Beasiswa tidak menanggung program khusus seperti Kelas Eksekutif, Kelas Khusus, Kelas Karyawan, dan Kelas Jarak Jauh.
  10. Rencana studi bagi program S2 berdasarkan kurikulum program studi tujuan.
  11. Proposal studi (berlaku bagi pelamar program S2 maupun S3).
  12. Proposal penelitian bagi pelamar program S3.

Perlu diingat kembali sesuai pernyataan LPDP, mereka menunda pendaftaran beasiswa karena menimbang ulang proses persyaratan beasiswa karena adanya pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, masyarakat bisa menunggu informasi lebih lanjut terkait persyaratan, perguruan tinggi tujuan, tahapan seleksi, dan ketentuan lainnya lewat akun media sosial dan situs resmi LPDP.

Nantinya pada 6 Oktober 2020, LPDP baru membuka regristrasi online dan memberikan informasi terkait beasiswa lewat beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.

#Beasiswa #LPDP #Segera #Dibuka #Siapkan #Beberapa #Hal #Ini #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts