Arti Mimpi Diberi Uang dan Mimpi Lainnya Soal Uang

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Social Psychological and Personality Science, para peneliti menemukan adanya keterkaitan antara kejadian di dalam mimpi dengan interaksi pada dunia nyata.

Read More

banner 300250

Lalu apakah arti mimpi dikasih uang juga berhubungan dengan kehidupan riil seseorang?

Dr. John Moore, PhD menuliskan pandangannya soal arti mimpi dikasih uang dalam lamanGuy Counseling. Ia merupakan psikolog, terapis kesehatan mental, dan praktisi hipnoterapi asal Illinois.

Moore mengatakan jika analisa mimpi sifatnya subjektif atau dalam arti lain lensa yang digunakan individu untuk menginterpretasikan materi disesuaikan agar selaras dengan sistem kepercayaan mereka.

“Misalnya, jika Anda memberi tahu seorang Wiccan (aliran spiritual) bahwa Anda bermimpi menemukan uang $100 di tempat tidur, mereka mungkin akan bilang uang itu melambangkan ‘membayar harga’ untuk keintiman seksual,” tulisnya.

“Di sisi lain, jika Anda berbagi mimpi yang sama dengan analis Freudian, ia mungkin menafsirkan bahwa tagihan tersebut mewakili keinginan Anda akan kekayaan,” lanjutnya.

“Dalam mimpi, uang dapat mencerminkan segala sesuatu mulai dari kekuatan dan energi yang dirasakan seseorang hingga akal bahkan harga diri,” kata Kelly Sullivan Walden, penulis “It’s All In Your Dreams” dalam wawancara bersama Her Money.

Ia dan dua orang analis mimpi lainnya membahas tentang arti mimpi yang berkaitan dengan uang.

1. Mimpi diberi uang

Menurut Moore, arti mimpi diberi uang bisa merepresentasikan pengalaman spiritual.
Contohnya, jika ada seorang pria tua tak dikenal hadir di dalam mimpi dan memberi uang berupa koin emas, hal ini bisa melambangkan ia sedang membagi kebijaksanaan.

Secara simbolis, orang tua dianggap sebagai sosok yang bijaksana. Namun tak harus orang asing, sosok “tua” tersebut bisa siapa saja baik seseorang yang dikenal baik yang masih hidup maupun sudah meninggal dunia.

Tapi bagaimana dengan arti mimpi dikasih uang oleh seorang anak kecil dalam bentuk tunai atau cek? Apakah juga ada hubungannya dengan spiritual? Jawabannya adalah iya.

Anak kecil yang muncul di dalam mimpi dan memberi uang hampir selalu diartikan ia sedang berbagi cinta yang tulus.

Shutterstock ilustrasi mimpi

Dalam berbagai kasus, imajinasi akan mewujudkan seseorang dalam mimpi sebagai simbol dukungan. Misalnya di saat kita sedang berhadapan dengan situasi sulit, sosok orang yang lebih tua mungkin akan hadir untuk memberikan saran.

Namun, jika kita sedang terlalu fokus pada kepentingan orang lain hingga mengabaikan diri sendiri, biasanya sosok anak kecil hadir dalam mimpi sebagai pengingat untuk lebih peduli dan mencintai diri sendiri.

Namun, arti mimpi dikasih uang menurut AuntyFlo ternyata memiliki definisi berbeda.

Dalam situsnya, ia menuliskan jika arti mimpi dikasih uang berhubungan dengan sikap seseorang dalam dunia nyata. Seperti pemecahan masalah, nilai-nilai dalam diri, power, dan rasa percaya diri.

Seseorang yang muncul dalam mimpi tersebut juga memilki arti signifikan.
Dalam kamus mimpi kuno, arti mimpi dikasih uang menggambarkan bahwa kita akan menemukan seseorang yang peduli pada kita dan juga menyimbolkan kesuksesan.

2. Arti mimpi dapat uang dengan memenangkan lotere atau hadiah

Ahli mimpi dan juga penulis buku “Dream Guidance: Interpret Your Dreams and Create the Life You Desire!”, Anna-Karin Bjorklund, mengatakan jika “kemenangan” bisa berhubungan dengan aspek positif lain yang kita rasakan, seperti beruntung dalam percintaan.

“Ini adalah ketika Anda memiliki power untuk menarik apa yang Anda inginkan. Mungkin tidak bukan memenangkan lotere harfiah, tapi Anda punya kemampuan untuk membawa aura positif dan memenangkan sesuatu dengan cara Anda sendiri,” ujar Bjorklund dilansir HerMoney.

“Saya menyebutnya mimpi pemenuhan keinginan. Manfaatkan perasaan luar biasa yang Anda miliki ini dan bawa kepercayaan ini dalam kehidupan sehari-hari” lanjutnya.

3. Arti mimpi menabung uang

Ada banyak tafsir yang berbeda terkait hal ini, namun banyak yang meyakini jika bermimpi soal menabung adalah proyeksi dari kecemasan.

Dengan kata lain, Anda mungkin memiliki kekhawatiran tentang kondisi finansial di masa depan. Selama tidur, alam bawah sadar kita mungkin mengungkapkan rasa cemas ini melalui koin sebagai simbolnya.

Bjorklund mengatakan kalau mimpi soal menabung hampir selalu menyiratkan adanya keinginan mendalam akan rasa aman dan kemakmuran.

Ilustrasi uang Dok. Kredivo Ilustrasi uang

4. Arti mimpi menghamburkan uang

Situasi di dalam mimpi pun bisa sangat spesifik, seperti menghabiskan uang tunai atau berbelanja menggunakan kartu kredit. Namun cukup rumit untuk menafsirkan mimpi ini, karena bermimpi menghabiskan uang bisa berarti baik maupun buruk.

Mimpi tersebut dikategorikan bermakna baik saat benda yang kita beli menyimbolkan kepercayaan diri. Misalnya membeli buku (menyimbolkan pengetahuan) atau memakai kartu kredit untuk perawatan kecantikan (menyimbolkan kepercayaan diri).

Sebaliknya, jika kita membeli atau melakukan sesuatu yang cenderung negatif, maka mimpi tersebut bisa menyoratkan makna buruk.

Contohnya, jika seseorang pemabuk ringan bermimpi tentang membeli sebotol wiski, hal ini mungkin menunjukkan adanya ketakutan pada alam bawah sadarnya.

5. Arti mimpi meminjam uang

Mirip dengan arti mimpi dikasih uang, namun dalam mimpi tersebut kita mendapatkannya dengan cara meminjam dari orang lain seperti teman atau kerabat.

Banyak teori yang menyatakan kalau mimpi semacam ini bisa menunjukkan bahwa si pemimpi sedang memaksakan diri. Namun dari pengamatan Dr. Moore, ia yakin jika mimpi meminjam uang sebenarnya menunjukkan defisit yang dirasakan oleh si pemimpi, dan ini tidak harus soal finansial.

“Jawabannya tergantung pada siapa yang dimintai pinjaman. Misalnya, jika itu adalah seorang teman, ini bisa menjadi cara pikiran Anda untuk meminta sesuatu yang menurut Anda dimilikinya tetapi Anda tidak memilikinya,” tulis Moore dalam laman Guy Counseling.

“Misalnya, apakah teman Anda tangguh secara mental? Apakah Anda berharap Anda memiliki sifat ini? Dan bagaimana jika Anda meminta uang dari orang tua? Nah, mungkin saja pikiran

Anda sedang memproyeksikan ibu atau ayah Anda sebagai simbol stabilitas pada saat Anda merasa tidak stabil,” terangnya lagi.

Ia menyimpulkan kalau mimpi tentang meminjam uang sifatnya sangat personal, jadi perhatikan kembali apa saja detail yang ada di dalam mimpi tersebut seperti siapa saja yang terlibat dan apa artinya untuk kita.

6. Arti mimpi menemukan uang

Pernahkah Anda bermimpi menemukan uang? Baik tidak sengaja menginjak uang kertas di jalan, atau justru bermimpi menemukan uang di dalam kantong baju dan celana.

Kelly Sullivan Walden, penulis buku “It’s All In Your Dreams” mengatakan, bermimpi menemukan uang di dalam baju atau dompet kita sendiri melambangkan apresiasi diri, harga diri, dan kemampuan kita untuk menghargai sesuatu yang sebelumnya kita abaikan atau kita anggap remeh.

“Kalau uang yang ada di dalam mimpi itu bukan milik Anda, mungkin Anda sedang menerima sesuatu yang membuat Anda ragu apakah hal tersebut layak Anda dapatkan atau tidak.”

7. Arti mimpi memberikan uang

Arti mimpi ini belum tentu menjadi kebalikan dari arti mimpi dikasih uang. Jika Anda bermimpi memberikan uang pada orang lain, coba telaah apa saja yang ada dalam mimpi tersebut untuk lebih mengenali dan memahami apa yang alam bawah rasakan.

Kunci dalam penafsiran mimpi ini adalah mengidentifikasi bagaimana perasaan Anda saat memberikan uang tersebut.

“Jika Anda merasa tidak nyaman dan stres karena telah memberikan uang, Anda mungkin takut kehilangan kemakmuran dalam kehidupan sehari-hari, atau mungkin Anda merasa terlalu banyak memberikan dana Anda,” kata Bjorklund.

Ia menambahkan, jenis mimpi ini dapat membantu kita memproses perasaan akan “kemiskinan” itu dan mengembangkan sikap yang lebih sehat terhadap situasi apa pun yang tengah kita hadapi.

“Sebaliknya, jika Anda merasa bahagia bisa berbagi uang, ini mungkin merupakan indikasi yang baik bahwa Anda merasa sejahtera dalam hidup, dengan kesadaran batin Anda selalu merasa cukup,” katanya.

Tidak bersifat literal

Sebenarnya bermimpi tentang uang bukanlah mimpi yang umum hadir pada semua orang. Dan saat mimpi tersebut hadir, maknanya pun ternyata tak melulu berhubungan dengan finansial.

Kelly Sullivan Walden menjelaskan jika mimpi jarang bersifat literal atau sesuai dengan apa yang kita lihat dalam mimpi.

Lalu adakah jenis mimpi yang spesifik menyiratkan jika alam bawah sadar kita sedang khawatir soal masalah keuangan?

Ia menyebutkan jika seseorang sedang stres soal keadaan finansial dalam kehidupan nyata, ia cenderung memimpikan keadaan seperti keran bocor, hewan yang sedang berebut makanan, atau ada giginya yang tanggal.

Lauri Loewenberg, analis mimpi profesional dan juga penulis buku “Dream On It” menambahkan beberapa simbol yang muncul dalam mimpi yang menyiratkan adanya stres finansial.

Di antaranya mimpi tenggelam (diasosiasikan dengan hutang), mimpi berdarah (dikaitkan dengan tabungan yang habis), mimpi terjatuh (berkaitan dengan berkurangnya keamanan finansial), mimpi sedang tersesat (menyiratkan tujuan karir yang tak jelas), atau mimpi sedang menelpon 911 tapi tidak ada yang mengangkat (tidak adanya nasihat keuangan yang baik).

“Mimpi itu simbolis dan ia berbicara kepada kita dalam bentuk metafora,” kata Loewenberg.

Artikel ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Orami.co.id

 

#Arti #Mimpi #Diberi #Uang #dan #Mimpi #Lainnya #Soal #Uang

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts