7 Tips Bikin Kue Bulan di Rumah, Kue yang Butuh Ketelatenan Halaman all

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Membuat kue bulan sendiri di rumah tidaklah mudah. Banyak koki profesional yang bahkan mengakui bahwa proses pembuatan kue bulan ini termasuk sangat sulit.

Read More

banner 300250

Namun bukan berarti kamu tak bisa mencoba. Buat kue bulan bisa jadi tantangan masak kamu di rumah.

Co-Founder Moone Bakery, Ferry, yang menjual aneka kue bulan memberikan beberapa tips yang bisa kamu perhatikan jika ingin mulai membuat kue bulan di rumah.

1. Takar komposisi dengan teliti

“Komposisi harus teliti, enggak boleh salah. Karena yang paling sering human error di sana sih di bagian produksi, misalnya salah nimbang gitu,” kata dia ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (29/9/2020).

Maka dari itu, ia menyarankan untuk mempersiapkan lebih dahulu masing-masing bahan yang dibutuhkan karena langkah dalam membuat kue bulan bisa dibilang sangat banyak.

Misalnya kamu bisa memisahkan lebih dahulu telur yang diperlukan berapa banyak. Lalu kulit kue bulan yang sudah dibuat, serta isiannya.

Setelah siap semua, maka kamu hanya perlu menyusunnya saja satu per satu hingga jadi kue bulan.

Jangan lupa juga untuk menimbangnya dengan teliti.

2. Istirahatkan kulit

Hal penting lainnya adalah kulit kue bulan. menurut Ferry, kulit kue bulan tidak bisa langsung dibentuk jadi kue bulan segera setelah selesai dibuat.

“Kulitnya juga setelah dibikin enggak boleh langsung dipakai, harus diistirahatkan dulu supaya dia solid. Sekitar dua jam juga cukup sih,” terang Ferry.

3. Gunakan minyak dan golden syrup

Terakhir menurut Ferry kamu juga harus menggunakan bahan berupa minyak dan golden syrup untuk bagian kulitnya.

Shutterstock/Gary Perkin Ilustrasi golden syrup

Golden syrup adalah salah satu jenis sirup gula. Golden syrup ini menurut Ferry jadi bagian penting untuk membuat rasa manis pada kue bulan jadi khas.

“Minyak itu yang penting buat bikin kue bulannya enggak kering. Karena kue bulan kan lembut gitu dimakannya tapi dalamnya legit. Kita biasa pakai minyak kacang dan minyak sayur,” pungkasnya.

Dilansir dari Taste Atlas, golden syrup adalah produk variasi dari sirup gula. Golden syrup terbuat dari gula, air, dan jus lemon.

Fungsi dari golden syrup adalah untuk memberikan warna keemasan pada kulit kue bulan dan mempertahankan kelembaban.

Kamu sebenarnya bisa juga mengganti golden syrup dengan madu. Pilih madu dengan rasa yang tidak terlalu kuat dan pastikan madunya cair, tidak mengkristal.

4. Beri tepung pada cetakan

Sebelum dicetak sebaiknya taburi cetakan dengan tepung tipis-tipis saja. Hal ini untuk mencegah adonan kue bulan lengket pada cetakan. 

Lalu tekan cetakan dengan lembut agar tidak memecahkan bagian kulit dan membuat isian tumpah-tumpah.

5. Isian kue bulan

Isian kue bulan bisa manis atau asin. Namun apapun rasa yang kamu pilih, pastikan isian tidak terlalu lembut karena bisa jadi nanti kulitnya akan retak ketika dipanggang.

Jika kamu membuat isian dari kacang atau biji teratai, mereka harus direndam dahulu lalu dimasak dan dihancurkan jadi pasta.

Lalu dimasak lagi dalam wajan dengan minyak dan gula sampai semua cairan menguap, pasta jadi kering dan tidak lengket.

Ilustrasi cetakan kue bulanShutterstock/anythings Ilustrasi cetakan kue bulan

6. Gunakan air iye

Kue bulan tradisional biasanya menggunakan air iye, yang merupakan kombinasi bubuk kansui dan pengembang.

Sekarang ini kamu bisa membeli air iye yang sudah jadi terbuat dari 80 persen air, 15 persen sodium karbonat, dan 5 persen potassium karbonat.

Fungsinya untuk menetralkan asam yang terdapat pada golden syrup. Selain itu air iye juga bisa membuat kulit kue bulan lebih renyah.

Jika tak ada, kamu bisa menggantinya dengan campuran bubuk pengembang dan air dengan rasio 1:4.

Kamu juga bisa menggantinya dengan baking soda yang dipanggang sebelumnya dalam oven 120 derajat celsius selama satu jam. Kemudian campurkan baking soda dengan air rasio 1:4.

Ketiga, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan larutan sodium karbonat yang tingkat pH-nya antara air iye dan baking soda.

7. Performa oven

Terakhir, menurut Executive Chinese Chef JW Marriott Jakarta, Daniel Foong, oven yang kamu gunakan juga sebaiknya yang berkualitas baik. Pasalnya kualitas dan performa oven sangat berpengaruh pada kualitas kue bulan.

“Hal yang terpenting bagi saya adalah bereksperimen untuk membuat kue bulan agar sesuai dengan selera Anda,” kata Daniel pada Kompas.com, Rabu (30/9/2020).

#Tips #Bikin #Kue #Bulan #Rumah #Kue #yang #Butuh #Ketelatenan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts