Testing COVID-19 di 5 Provinsi RI Lampaui Standar WHO, Ini Daftarnya

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta

Read More

banner 300250

Indonesia diketahui belum mencapai standar testing COVID-19 sesuai dengan aturan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). WHO menentukan standar testing Corona bagi suatu negara dengan minimal 1 per 1.000 penduduk per minggu.

Meski begitu, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan ada beberapa provinsi yang berhasil mencapai standar testing COVID-19 sesuai anjuran WHO. Salah satunya adalah DKI Jakarta.

“Meskipun secara nasional angka testing belum mencapai target WHO, namun ada 5 provinsi yang testingnya sudah melebihi standar dari WHO,” ungkap Prof Wiku dalam siaran pers YouTube Sekretariat Presiden Selasa (29/9/2020).

Berikut 5 provinsi yang berhasil mencapai target testing WHO:

– DKI Jakarta
– Sumatera Barat
– Bali
– Sulawesi Selatan
– Papua

“Selain itu angka kesembuhan juga mengalami peningkatan dari waktu ke waktu dan ini menunjukkan bahwa treatment yang dilakukan berkontribusi terhadap naiknya angka kesembuhan ini,” bebernya.

Namun, Prof Wiku menyebut masih ada kendala yang cukup besar dalam penanganan COVID-19 yaitu tracing. Hal ini dikarenakan masih banyak stigma masyarakat terhadap pasien COVID-19.

“Kendala terbesar saat ini adalah tracing atau pelacakan karena banykanya resistensi di masyarakat, di lapangan, akibat adanya stigma masyarakat terhadap penderita COVID-19 ang harus dihindari,” pungkasnya.


#Testing #COVID19 #Provinsi #Lampaui #Standar #Ini #Daftarnya

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts