Suara Dentuman Misterius Terdengar di Jakarta, Ini Penjelasan BMKG

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Suara dentuman misterius terdengar di langit DKI Jakarta, khususnya di wilayah Jakarta Selatan pada Minggu (20/8/2020) malam.

Read More

banner 300250

Bunyi dentuman diakui sejumlah warga terdengar sebanyak dua kali sekitar pukul 19.45 WIB, hingga menyebabkan benda getaran.

Sementara itu di media sosial juga diramaikan mengenai suara dentuman misterius yang banyak didengar oleh warganet. 

Sejumlah warganet mengungkapkan bahwa juga mendengar suara dentuman tersebut, salah satunya di media sosial Twitter.

Ada suara dentuman apaan ya,” tulis akun Twitter Ridwan Hanif, @ridwanhr dalam twitnya.

2x bunyi dentuman,” tulis akun Twitter Agnest, @AgneesLS dalam twitnya.

Temen-temen gua yang di daerah, Pasar Minggu, Kalibata, Tebet, dan sekitarnya pada denger dentuman beberapa menit lalu. Apa iya? Stay safe, everyone,” tulis akun Twitter @BirkinDust dalam twitnya.

Selain itu, topik “Dentuman” juga menjadi salah satu trending topik atau hal yang paling banyak dibicarakan saat ini di Twitter.

Sejauh ini, topik “Dentuman” telah dibahas sebanyak 5.043 kali oleh pengguna Twitter.

Penjelasan BMKG

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkapkan terkait suara dentuman tersebut, pihaknya mengaku menangkap adanya aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak, Bogor.

“Hasil monitoring petir oleh BMKG menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan adanya beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak Bogor antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB,” ujar Daryono saat dihubungi Kompas.com, Minggu (20/9/2020) malam.

Pihaknya belum dapat memastikan apakah ada keterkaitan antara aktivitas tersebut dengan sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur.

Meski begitu, BMKG tetap menggunakan acuan dari hasil monitoring dengan terdengarnya suara dentuman.

“Acuan kami adalah data hasil monitoring peralatan kami yang menunjukkan bahwa memang ada beberapa aktivitas petir yang terjadi saat rentang waktu terdengarnya suara dentuman yang dilaporkan oleh warga,” lanjut dia.

Selain itu, Daryono juga memastikan bahwa suara dentuman malam ini tidak bersumber dari aktivitas gempa bumi.

Tidak terjadi gempa

Sementara, terkait adanya suara dentuman, Daryono menambahkan, biasanya gempa dengan kedalaman sangat dangkal dapat menimbulkan suara dentuman.

Namun, saat warga melaporkan adanya suara dentuman malam ini, BMKG tidak mencatat adanya aktivitas seismik di Jakarta dan sekitarnya.

“Hasil monitoring BMKG menggunakan sensor gempa yang terpasang dekat Jakarta, yaitu di Citeko, Bogor dan Pondok Aren, Tangerang Selatan, menunjukkan bahwa tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB,” jelas Daryono.

Mengenai kejadian ini, tidak ada tanda atau penamaan khusus dari fenomena ini.

Daryono mengungkapkan, faktor penyebab bunyi dentuman yang terdengar warga Jakarta dan sekitarnya diduga berasal dari petir.

Mengenai kejadian ini, pihaknya menyebut tidak menutup kemungkinan fenomena ini akan berulang.

#Suara #Dentuman #Misterius #Terdengar #Jakarta #Ini #Penjelasan #BMKG

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts