Sejarah Creme Brulee, Dessert Krim Gosong dari Perancis

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com  – Creme brulee adalah puding klasik dari Perancis. Bahan utama creme brulee adalah susu cair, kuning telur, gula pasir, dan krim kental.

Read More

banner 300250

Bagian atas dessert ini diberi gula karamel kemudian digosongkan menggunakan torch. Nama creme brulee dalam bahasa Perancis berarti “burnt cream” atau “krim gosong”.

Bukan hanya bentuk dan rasanya, sejarah creme brulee pun menarik untuk dikulik. Berikut ulasan selengkapnya.

Sejarah creme brulee

Melansir Foodservice Equipment, Supplies & Design | PJP, creme brulee diklaim berasal dari Inggris dan Spanyol.

Pada abad ke-15, ditemukan resep makanan penutup yang mirip dengan creme brulee. Bahan utama resep ini berupa susu melimpah pada musim semi.

Susu dimanfaatkan sebagai puding manis. Puding susu ini menjadi makanan musiman kala itu.

Beberapa orang mengatakan, komponen gula karamel di atas creme brulee ditambahkan oleh seorang siswa dari Trinity College di Cambridge, Inggris.

Siswa tersebut membuat sajian bernama Cambridge cream atau Trinity cream. Sejak saat itu, Cambridge cream menjadi menu populer di sekolah.

SHUTTERSTOCK/Kateryna Ovcharenko Ilustrasi karamel creme brulee sedang digosongkan menggunakan torch.

Krim karamel gosong populer di Eropa

Pada 1691 resep creme brulee tertulis di buku masak Perancis. Resep menyebutkan, puding susu ini diberi gula karamel yang sebelumnya sudah dicetak. Sementara creme brulee yang sekarang, gula dibakar langsung di atas puding.

Sementara Spanyol mempunyai crema catalana, sama-sama puding susu dengan gula karamel gosong. Konon, dessert ini sudah ada antara abad ke-5 sampai ke-15.

Cara membuat puding susu dengan gula gosong banyak dipraktikkan di Eropa sehingga tidak mudah menemukan pelopor creme brulee.

Selanjutnya creme brulee tenar di Amerika pada 1980-an walaupun sudah ada sejak berabad-abad lalu.

Sebuah restoran mewah di New York bernama Le Cirque memperkenalkan creme brulee kepada pada pelanggannya. Hal ini memengaruhi popularitas creme brulee di Amerka.

Pada era populernya di Amerika hingga kini, terdapat beragam varian creme brulee. Seperti es krim rasa creme brulee, donat, kue mangkuk, roti panggang, bahkan krim kopi.

Ilustrasi crema catalana, dessert dari Spanyol yang mirip creme brulee. SHUTTERSTOCK/BONCHAN Ilustrasi crema catalana, dessert dari Spanyol yang mirip creme brulee.

Apa sebenarnya creme brulee?

Creme brulee adalah custard sederhana dengan topping gula karamel gosong dan agak keras.

Mengutip The Spruce Eats, makanan penutup ini terbuat dari kuning telur, susu, cream, ekstrak vanili, gula dan bahan lainnya.

Kuning telur mempunyai peran penting dalam membuat creme brulee. Kuning telur digunakan dalam jumlah banyak agar tekstur creme brulee lembut dan sedikit padat.

Custard creamy yang tak begitu manis berpadu dengan gula karamel gosong, menciptakan rasa seimbang. Creme brulee termasuk dessert klasik nan ringan.

Ciri khas creme brulee terletak pada rasa sedikit pahit dari gula karamel. Cara mematangkan custard-nya juga terbilang unik.

Custard diletakkan dalam wadah, kemudian dioven. Loyang diberi sedikit air yang bertujuan membuat tekstur creme brulee tetap lembut dan lembab.

#Sejarah #Creme #Brulee #Dessert #Krim #Gosong #dari #Perancis

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts