Rubik Ini Berukuran Sangat Mungil, Namun Harganya Setara 2 iPhone 11

  • Whatsapp
banner 468x60

TOKYO, KOMPAS.com – Sebuah Kubus Rubik yang sangat kecil berukuran 9,9 milimeter dijual dengan harga 1.900 dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 28 juta.

Bila disetarakan, harga  Kubus Rubik itu sama dengan 2 unit iPhone 11 64 GB yang dibanderol Rp 14 juta untuk 1 unitnya di salah satu marketplace.

Rubik yang sangat mungil tersebut dibuat untuk menandai ulang tahun ke-40 sejak mainan 3 dimensi tersebut resmi dijual di Jepang.

Dilansir dari Associated Press, Kamis (24/9/2020), Kubus Rubik tersebut hanya memiliki berat 2 gram dan dapat dipegang dengan cara seperti mencubit.

Kendati demikian, Kubus Rubik tersebut juga bisa dimainkan seperti rubik-rubik pada umumnya.

Pembuat Kubus Rubik mungil tersebut adalah MegaHouse Corp, anak perusahaan produsen mainan Bandai Co yang berbasis di Tokyo, Jepang.

Pihak perusahaan mengatakan mainan tersebut terbuat dari bahan logam yang sangat presisi sehingga ukurannya bisa sekecil itu dan dapat dimainkan.

Perusahaan menambahkan telah menerima pesanan mulai Rabu (23/9/2020) dan pesanan akan dikirimkan mulai Desember.

Kubus Rubik ditemukan oleh profesor arsitektur asal Hongaria, Erno Rubik, pada dekade 1970-an.

Sebuah perusahaan AS mengubah temuannya tersebut menjadi produk yang populer pada dekade 1980-an.

Lebih dari 100 juta Kubus Rubik terjual di seluruh dunia dalam dua tahun pertama sejak diluncurkan.

Setelah itu, mainan tersebut juga menjadi populer di Jepang di mana lebih dari 4 juta Kubus Rubik telah terjual dalam delapan bulan pertama Juli 1980.

Kubus Rubik tersebut mulai dipamerkan pada pekan ini di sebuah pameran di Tokyo yang digelar oleh Kedutaan Besar Hongaria untuk Jepang.

Pameran tersebut juga mencakup karya seni yang dibuat dengan Kubus Rubik. Pameran berlangsung hingga 9 November.

Duta Besar Hongaria untuk Jepang, Norbert Palanovics, mengatakan bahwa Kubus Runik adalah mainan yang sederhana namun cerdas dari negaranya yang sangat dia banggakan.

“Kubus Rubik adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari, di sini, di Jepang, juga, dan menginspirasi semua orang,” kata Palanovics.

#Rubik #Ini #Berukuran #Sangat #Mungil #Namun #Harganya #Setara #iPhone

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts