Praktik Laboratorium di Rumah? Buka Portal Rumah Belajar Kemendikbud Halaman all

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Meski harus mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ), siswa bisa belajar apa saja dari rumah. Bahkan kini siswa bisa belajar praktik laboratorium untuk mata pelajaran IPA.

Read More

banner 300250

Ketika mempelajari mapel IPA, kita sering kali membutuhkan praktik di laboratorium. Namun bagaimana saat kondisi BDR seperti sekarang ini?

Rumah Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) mengenalkan Laboratorium Maya. Lab ini bisa dilakukan di rumah.

Melansir akun Instagram Rumah Belajar Kemendikbud, Rabu (30/9/2020), siswa bisa mengakses di laman belajar.kemdikbud.go.id atau melalui aplikasi Rumah Belajar yang tersedia di Android dan IOS.

Apa itu Laboratorium Maya?

Laboratorium Maya pada portal Rumah Belajar Kemendikbud merupakan bentuk tiruan dari sebuah laboratorium riil yang digunakan dalam aktivitas pembelajaran ataupun penelitian secara ilmiah guna menekankan sebuah konsep atau mendalami sebuah konsep-konsep tertentu.

Keunggulan

Fitur di Laboratorium Maya memiliki beberapa keunggulan yaitu:

1. Melengkapi sumber belajar peserta didik, sebagai bentuk pengintegrasian dari pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.

Namun demikian lab ini bukanlah pengganti tetapi bagian dari laboratorium riil yang digunakan untuk melengkapi dan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada.

2. Memiliki kemampuan modeling dan simulasi yang memungkinkan untuk memperjelas konsep.

Cara mengakses

Untuk langkah-langkah mengaksesnya:

1. Masuk ke portal Rumah Belajar lalu klik: https://vlab.belajar.kemdikbud.go.id/ kemudian pilih daftar untuk membuat akun Anda.

2. Setelah masuk di fitur itu maka Anda akan menemukan tampilan menu lab maya kemudian Anda dapat memilih beberapa menu model praktikum yang tersedia di fitur itu.

Tampilan

Dari tampilan model lab maya saat dieksplorasi oleh siswa dapat memberikan pengalaman belajar yang menantan karena sangat interaktif. Klik “lakukan percobaan”.

Kemudian siswa bisa melakukan praktikum secara bebas untuk mencoba variabel percobaan secara variatif. Percobaan ini dapat dipandu oleh LKS dari guru maupun dari siswa.

 

#Praktik #Laboratorium #Rumah #Buka #Portal #Rumah #Belajar #Kemendikbud #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts