Penelitian Terbaru Melihat Perbedaan Gejala Covid-19 dan Flu pada Anak Halaman all

  • Whatsapp
banner 468x60

 

Read More

banner 300250

KOMPAS.com – Anak-anak dinilai menjadi salah satu kelompok usia yang rentan mengalami flu.

Sementara itu, gejala seseorang mengalami penyakit flu hampir mirip dengan gejala terinfeksi virus corona Covid-19. 

Peneliti hingga kini masih terus melakukan penelitian terkait perbedaan gejala flu dan Covid-19 pada anak. Salah satunya yang dilakukan para peneliti di Children’s National Hospital.

Dilansir Business Insider, Selasa (8/9/2020), menurut penelitian yang diterbitkan di JAMA Network Open pada 8 September, anak-anak yang terinfeksi Covid-19 memiliki sejumlah gejala yang sama dengan mereka yang terkena flu.

Para ahli meneliti 315 anak yang didiagnosis Covid-19 dan 1.402 anak yang didiagnosis flu. Data itu dikumpulkan pada rentang Maret-Mei.

Para peneliti membandingkan gejala, tingkat rawat inap, dan jumlah pasien yang membutuhkan perawatan intensif dan/atau ventilator.

Mereka menemukan anak-anak memiliki hasil yang serupa, terlepas dari diagnosisnya.

Hasil itu mengejutkan, karena gejala dua kelompok anak itu secara umum sama, dengan hanya beberapa perbedaan kecil.

Mereka menemukan bahwa anak-anak sebenarnya lebih sering mengalami sesak napas akibat flu daripada Covid-19 dan mereka yang terjangkit Covid-19 lebih sering mengalami gejala pencernaan.

Menurut penelitian, gejala Covid-19 paling umum adalah gejala yang umumnya terkait dengan flu seperti demam, batuk, masalah pencernaan seperti muntah dan diare, nyeri tubuh, sakit kepala, serta nyeri dada.

Gejala-gejala tersebut lebih banyak dialami oleh anak dengan Covid-19.

Sebanyak 76 persen anak yang terinfeksi Covid-19 mengalami demam. Sedangkan pada anak terinfeksi flu, persentase mereka yang mengalami demam sebanyak 55 persen.

Selain itu ditemukan sebanyak 26 persen anak dengan Covid-19 mengalami muntah-muntah dan diare. Sedangkan anak yang sakit flu hanya 12 persen.

Namun, yang mengejutkan para peneliti adalah tidak adanya perbedaan yang signifikan terkait gejala sesak napas antara pasien Covid-19 dan flu.

Kendati demikian, peneliti mengklaim dibutuhkan studi lebih lanjut untuk memastikan perbedaan di antara keduanya.

Rawat inap

Selain dari segi gejala, peneliti juga melihat faktor rawat inap di antara kedua penyakit.

Keduanya menghasilkan tingkat rawat inap yang sebanding dengan angka 21 persen anak dengan flu dan 17 persen anak dengan Covid-19 yang memerlukan perawatan di rumah sakit.

Selain itu, peneliti juga menemukan perbedaan mengenai kebutuhan perawatan intensif di antara kedua penyakit.

Sebanyak 7 persen kasus flu pada anak membutuhkan perawatan intensif. Angka itu lebih tinggi dari 5,7 persen kasus Covid-19 pada anak.

“Saya tidak melihat ini datang ketika saya berpikir untuk melakukan penelitian,” kata Dr. Xiaoyan Song, salah satu penulis studi dan direktur Pengendalian Infeksi dan Epidemiologi di Children’s National.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Infografik: Gejala Ringan Covid-19

#Penelitian #Terbaru #Melihat #Perbedaan #Gejala #Covid19 #dan #Flu #pada #Anak #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts