Pemkot Jakut dan TNI Bersihkan Lumpur di Sungai Cegah Banjir

  • Whatsapp
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara bersama Puspomal TNI AL melaksanakan “Gerebek Lumpur” di Sungai BGR, Kelapa Gading, Minggu (27/9/2020).

Read More

banner 300250

Kegiatan ini akan dilaksanakan hingga akhir September 2020.

Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan, gerakan tersebut mengantisipasi musim hujan.

“Ada beberapa langkah cepat yang kami kerjakan, yang pertama tentu memastikan semua kinerja pintu air dan pompa bisa bekerja secara optimal. Dan yang kedua melakukan ‘Gerebek Lumpur’, untuk memastikan bahwa tidak ada lumpur yang mengurangi volume kapasitas air,” kata Sigit dalam keterangan tertulis.

Sigit menambahkan, pemilihan Sungai BGR karena merupakan urat nadi di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

“Berkolaborasi dengan Puspomal TNI AL, kami melaksanakan Gerebek Lumpur di sungai BGR. Dengan dibersihkannya sungai ini diharapkan dapat mereduksi genangan yang terjadi di kawasan Kelapa Gading,” terangnya.

Sigit menuturkan, seluruh kecamatan di wilayah Jakarta Utara melaksanakan Gerebek Lumpur secara serentak.

“Enam wilayah kecamatan di Jakarta Utara melaksanakan Gerebek Lumpur secara serempak. Ini dikerjakan sampai dengan akhir September 2020,” tuturnya.

Kegiatan ini dilakukan oleh 350 personel gabungan dari Puspomal TNI Akel, Satpol PP Sudin SDA, Sudin Bina Marga dan PPSU.

Dalam Gerebek Lumpur ini seluruh petugas juga mendapatkan kesempatan menjalankan rapid test (test cepat) untuk menghindari terpapar COVID-19 yang dilakukan Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading.

#Pemkot #Jakut #dan #TNI #Bersihkan #Lumpur #Sungai #Cegah #Banjir

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts