Modifikasi Motor Melebihi Dimensi Standar, Bisa Bikin Tidak Seimbang

  • Whatsapp
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi motor boleh saja dilakukan oleh pemiliknya, mulai sektor mesin, sampai penambahan aksesoris. Tapi perlu diperhatikan jika ingin menambah berbagai aksesoris di motor, jangan sampai melebihi dimensi standar.

Read More

banner 300250

Modifikasi yang melebihi dimensi motor bisa mengganggu pengguna jalan lain. Selain itu, jika memakai aksesoris yang melebihi panjang atau lebar maksimal motor, bisa memengaruhi keseimbangan ketika berkendara.

Trainer Yamaha Riding Academy On Road dan Off Road, Setyo Suyarko mengatakan, ketika melakukan ubahan sehingga motor jadi lebih panjang atau lebar, keseimbangan motor pasti berubah.

belipart.com boks motor

“Saat membuat motor, lebar, tinggi, berat, dan center of gravity nya sudah diperhitungkan oleh pabrikan. Jika menambah aksesoris seperti boks samping dan belakang dan diisi beban, bisa membuat sepeda motor kurang seimbang atau stabil,” kata Setyo kepada Kompas.com, belum lama ini.

Motor sebenarnya memiliki bagasi yang memang peruntukannya sebagai tempat barang. Jika bagasi diisi penuh pun, keseimbangan motor tetap terjaga. Berbeda ceritanya jika menambah boks belakang maupun samping.

“Pengendara harus punya usaha dan kemampuan lebih untuk handling sepeda motor yang menggunakan boks, kembali menyesuaikan dengan perubahan keseimbangan motornya,” ucap Setyo.

Pilihan menggunakan boks tambahan biasanya dikarenakan pengendara butuh tempat penyimpanan yang lebih besar, seperti kebutuhan untuk touring. Setyo tidak menyarankan memasang boks samping atau belakang.

“Jika suka touring, lebih baik mempersiapkan dengan kendaraan yang mempunyai kapasitas bagasi yang besar di bawah joknya,” kata dia.

#Modifikasi #Motor #Melebihi #Dimensi #Standar #Bisa #Bikin #Tidak #Seimbang

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts