Fitur Baru Google Maps Tampilkan Informasi Persebaran Pasien Covid-19

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Google Maps kedatangan fitur baru untuk membuat penggunanya lebih waspada di tengah pandemi Covid-19.

Read More

banner 300250

Fitur tersebut bernama “Covid-19 Info” dan akan bisa diakses melalui menu layer di sisi kanan atas.

Menu layer tersebut juga biasanya dipakai untuk mengubah tampilan Maps menjadi peta satelit atau medan (terrain), kepadatan jalan raya (traffic), informasi terminal/statsiun, dan sebagainya.

Nantinya ketika fitur Covid-19 Info ini diaktifkan, pengguna akan bisa melihat berapa jumlah kasus Covid-19 yang berada di sekitar mereka atau suatu wilayah langsung di dalam aplikasi.

Jumlah kasus Covid-19 yang ditampilkan ini merupakan angka rata-rata penambahan kasus Covid-19 yang terkonfirmasi per 100.000 orang dalam satu minggu (7 hari) terakhir.

Selain angka, fitur ini juga bisa menampilkan intensitas jumlah kasus Covid-19 di suatu wilayah, berikut tren peningkatannya dengan warna sebagai penanda.

Google Ilustrasi fitur Covid-19 Info di Google Maps.

Misalnya, suatu daerah yang berwarna merah pekat berarti memiliki peningkatan jumlah kasus Covid-19 yang lebih tinggi dibanding daerah yang berwarna oranye atau kuning, seperti tampak pada gambar paling kanan di atas.

Google mengklaim data angka kasus Covid-19 yang ditampilkan di peta ini, diambil dari berbagai sumber, seperti John Hopkins, The New York Times, Wikipedia, dan lain sebagianya.

Beberapa sumber tersebut diketahui juga mengambil data Covid-19 dari otoritas kesehatan setempat, sehingga bisa dibilang terpercaya.

Adapun rincian data terkait tren peningkatan kasus Covid-19 tersebut akan ditampilkan di lebih 220 negara dan kawasan yang mendukung Google Maps.

Fitur Covid-19 Info sendiri bakal digelontrokan secara bertahap ke aplikasi Google Maps versi Android dan iOS mulai minggu ini ke seluruh pengguna secara global, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Blog Google, Kamis (24/9/2020).

Belum diketahui apakah Google Maps versi web bakal kebagian fitur tersebut atau tidak.

Sebagai informasi, Google sendiri belakangan memang rajin menggelontorkan sejumlah fitur baru untuk mendukung pengguna bepergian di tengah pandemi.

Salah satunya adalah fitur bernama Popular Times and Busyness yang bisa digunakan untuk mengetahui keramaian sebuah tempat berdasarkan waktu.

Ada pula fitur Covid-19 Transit yang mampu menampilkan tingkat kepadatan angkutan umum, seperti kereta dan bus, secara real time melalui informasi yang dimunculkan pada aplikasi.

#Fitur #Baru #Google #Maps #Tampilkan #Informasi #Persebaran #Pasien #Covid19

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts