Enam Persen Pasien di Wisma Atlet Kemayoran Adalah Klaster Keluarga

  • Whatsapp
banner 468x60

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengingatkan bahanya penularan virus corona melalui klaster keluarga yang masih jarang disadari.

Read More

banner 300250

Hal itu disampaikan Doni usai rapat bersama Presiden Joko Widodo secara virtual, Senin (28/9/2020).

“Kami laporkan kepada Bapak Presiden terkait klaster keluarga. Ada enam persen pasien yang dirawat di Wisma Atlet ternyata positif Covid. Padahal mereka relatif tidak beraktivitas keluar rumah. Artinya yang menulari adalah orang terdekat keluarga itu,” kata Doni.

Ia pun meminta masyarakat tetap patuh menerapkan protokol kesehatan begitu pulang bekerja dan tiba di rumah.

Masyarakat wajib membersihkan diri terlebih dahulu sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga di rumah.

Ia meminta masyarakat menyadari potensi orang terdekat mejadi medium penularan Covid-19 di lingkungan keluarga.

“Kita harus pahami Covid media pengantarnya adalah saudara kita, orang terdekat, bukan orang jauh. Yang menulari adalah orang terdekat yang ada di sekitar kita,” kata Doni.

“Sehingga kita harus saling menjaga, saling melindungi dan saling ingatkan untuk patuh terhadap protokol kesehatan,” lanjut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana itu.

Sebelumnya Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, ada tiga klaster penyumbang kasus Covid-19 terbesar di Jakarta.

Ketiga klaster itu, yakni rumah sakit, komunitas (keluarga inti) dan perkantoran.

“Data kesehatan DKI Jakarta pada 4 Juni hingga 12 September menyatakan bahwa klaster yang menyumbangkan angka kasus Covid-19 terbanyak ialah dari rumah sakit, komunitas dan perkantoran,” kata Wiku dalam konferensi pers lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/9/2020).

Disusul dua klaster yang juga berada di Jakarta, yakni anak buah kapal (ABK) dan pekerja migran Indonesia (PMI) yang baru kembali ke Tanah Air melalui Bandara Soekarno-Hatta dan Pelabuhan Tanjung Priok.

Adapun jumlah pasien Covid-19 dari klaster rumah sakit di Jakarta sebanyak 24.000 orang, komunitas sebanyak 15.133 pasien, dan perkantoran sebanyak 3.194 pasien.

Disusul klaster ABK sebanyak 1.641 pasien dan klaster PMI sebanyak 622 pasien.

#Enam #Persen #Pasien #Wisma #Atlet #Kemayoran #Adalah #Klaster #Keluarga

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts