Dior Pastikan Kain Endek Bali pada Koleksinya Dipakai Sesuai Adat Halaman all

  • Whatsapp
banner 468x60

KOMPAS.com – Rumah mode Christian Dior menggelar fashion show untuk koleksi Spring/Summer 2021 di ajang Paris Fashion Week pada Selasa (29/9/2020).

Read More

banner 300250

Uniknya, dalam salah satu koleksi bertema “Kolase”, Dior menggunakan kain Endek Bali sebagai salah satu materialnya.

Tak hanya pada pakaian, kain Endek Bali juga dipakai oleh Dior pada koleksi tasnya.

Dari sekitar 86 desain koleksi terbaru Christian Dior itu ada sekitar 9 motif kain Endek Bali yang digunakan.

Artistic Director Dior menyatakan bahwa keputusan Christian Dior untuk menggunakan kain Endek Bali dilakukan karena ingin mengangkat nilai dari kebudayaan serta hasil keterampilan terutama oleh para penenun perempuan.

Adapun dalam menggunakan kain Endek Bali, Christian Dior berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan KBRI Perancis untuk memastikan penggunaan kain tersebut sesuai dengan aturan budaya dan adat Bali.

Penggunaan kain Endek Bali juga didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Bali. Namun, pihaknya meminta Dior untuk menghormari HAKI dari kain Endek, serta kain Endek yang digunakan harus asli produksi Bali.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi atas dukungan dan gerak cepat tim Percepatan Pemulihan Ekonomi Kemlu dan Gubernur Bali beserta timnya, sehingga Christian Dior mendapat dukungan penuh untuk menggunakan kain Endek Bali untuk koleksinya,” tutur Dubes RI untuk Perancis, Arrmanatha Christiawan Nasir dalam siaran persnya.

Sedangkan desainer pakaian Dior, Maria Grazia Chiuri mengungkapkan bahwa koleksi ini adalah bentuk dialog yang ia lakukan pada wanita di seluruh dunia.

“Jadi mungkin juga untuk itulah saya ingin berdialog dengan wanita lain, saya tidak ingin menutup diri di kamar, tinggal sendiri,” ujar Maria seperti dikutip dari Reuters.


#Dior #Pastikan #Kain #Endek #Bali #pada #Koleksinya #Dipakai #Sesuai #Adat #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts